Trending

Dinas Pertanahan Dan Lingkungan Hidup Balangan Akan Merevitalisasi RTH

 

WAWANCARA : Renny Yudisthesia, Camat Paringin Selatan - Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN - Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan akan melakukan optimalisasi kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Taman Hijau Balangan Paringin Selatan.

Rencananya, dalam rakor terbuka dan perdana yang digelar bersama beberapa instansi terkait, pihaknya akan merevitalisasi taman kota di Balangan, diantaranya adalah fasilitas penunjang untuk para pengunjung kedepannya.

Disampaikan Kepala Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan, Musa Abdullah, rencana optimalisasi penataan kawasan RTH pada taman kota, yakni taman hijau Balangan adalah sebagai langkah mengawali semua pihak untuk saling bersingergi.

“Kita mengawali bahwa program ini sebenarnya kita inginkan semua pihak bersingergi bahwa RTH ini bukan punya lingkungan hidup, semua punya Kabupaten Balangan,” ungkapnya, Kamis (28/10/2021).  

Lebih lanjut, tentang keberadaan optimalisasi pada RTH ini salah satunya adalah adanya perbaikan yang nantinya sebagai masukan yang perlu di perbaiki serta beberapa kelemahan yang harus diselesaikan secara sama-sama.

“Nanti kia lihat keperluan fasilitas apa yang perlu ditambah, supaya mereka tetap mendapatkan penghasilan.Makanya perlu penataan sebaik-baiknya termasuk juga WC umumnya, serta pada lampu penerangannya,” tambahnya.

Sehingga, mereka orang luar yang datang berkunjung ke Kabupaten Balangan jadi mengetahui di RTH ini didalamnya terdapat apa-apa saja.

“Nanti hasil disini akan kita sampaikan kepada pimpinan terkait inilah kondisi RTH kita sebanarnya, dan perlu beberapa sentuhan untuk perbaikan dengan catatan dananya,” sebutnya.

WAWANCARA : Kepala Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan, Musa Abdullah - Foto Dok


Dalam kegiatan itu juga, Renny Yudisthesia selaku Camat Paringin Selatan sangat menyambut baik dan mengapresiasi rencana dilakukannya optimalisasi dan pengembangan pada RTH yang ada di Balangan, khususnya di taman hijau Balangan.

“Alhamdulillah, RTH ini ada di wilayah Paringin Selatan mudah-mudahan walaupun ibaratnya Paringin Selatan itu sebenarnya bukan lokasi atau centre utama dari kabupaten kita karena memang ada di paringin, mudah-mudahan dengan adanya disini RTH ini bisa juga berkembang dan jadi icon dari Kabupaten Balangan,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya optimalisasi dan pengembangan ini dapat lebih menambah minat dari masyarakat yang ingin berkunjung, yang sebelumnya tidak tahu akan adanya RTH ini jadi lebih mengetahui bahwa di Balangan ada taman yang sebegini indah.

“Dari rapat ini tadi, rencana ada display - display yang menunjukkan bagaimana kondisi dan apa saja yang ada disini sehingga jadi minat bagi orang yang datang berkunjung,”tutupnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama