Trending

Maknai Hari Sumpah Pemuda, GPRC Balangan Gelar Aksi Peduli

 

MEMANJAT : Salah sat anggota GPRC sedang berusaha membersihkan kubah Masjid Agung Al Akbar Balangan - Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN - Memaknai momen hari peringatan Sumpah Pemuda, Komunitas Generasi Pemuda Rock Climbing (GPRC) Balangan gelar aksi bersih-bersih bangunan kubah dan menara Masjid Agung Al Akbar Balangan.

Ketua Komunitas GPRC Muhammad Zaini mengatakan, kegiatan membersihkan bangunan tersebut sebagai bentuk kepedulian pada tempat ibadah. Kegiatan ini melibatkan sebanyak 15 orang dari berbagai komunitas diantaranya Hantas Tarus Adventure, Sylva Kompas Tabalong, Kompas Meratus, dan Kukura Borneo.

"Momennya ini juga bertepatan peringatan hari sumpah pemuda, kami maknai dengan sesuatu yang positif," ungkapnya (29/10/2021).

Zaini menambahkan, dengan ketinggian Masjid Agung Al Akbar Balangan yang mencapai 40 meter menjadi tantangan tersendiri. Namun saat kegiatan pihaknya terkendala cuaca hujan disertai angin kencang sehingga pelaksanaan ditunda hingga pekan depan.

“Kita sangat senang sekaligus terhibur juga bisa bekerjasama dengan kawan-kawan di komunitas lain, sensasi kerjasama diketinggian menara tersebut luar biasa,” cetusnya.

Husin tokoh masyarakat sekaligus Sekretaris Badan Pengelola Masjid Agung Al Akbar Balangan mengatakan, kegiatan yang digelar adalah bersih-bersih bagian kubah serta menara di Masjid Al Akbar Balangan dan waktunya bertepatan dengan hari peringatan sumpah pemuda.

“Sebenarnya hanya permintaan dari kami pengelola untuk minta bantu bersihkan lumut-lumut di kubah dan menara yang juga ditumbuhi rumput, serta kebetulan momennya pas 28 oktober, di hari peringatan sumpah pemuda,” ujarnya.

Dalam sehari, mereka relawan gabungan dari komunitas panjat tebing di Balangan, Tabalong, Hulu Sungai Utara (HSU) membantu pengelola membersihkan bagian kubah dan menara di Mesjid Agung Al Akbar Balangan.

“Mereka dengan suka rela membantu bersihkan kubah dan menara, itu hanya sehari dan belum selesai, nanti ditambah lagi harinya karena belum selesai mungkin satu hari lagi mereka bekerja untuk menyelesaikan kubah besar,” jelasnya.

Dirinya merasa berterimakasih kepada para relawan komunitas panjat tebing gabungan yang telah membantu untuk membersikan kubah dan menara Mesjid Agung Al Akbar Balangan.

“Semoga ini bisa menjadi motivasi bagi yang lain bahwa kegiatan mereka tak hanya di gunung-gunung, hutan, alam terbuka, tetapi tempat ibadah juga jadi target mereka,” tutupnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama