Trending

Akses Jalan di Desa Hujan Mas Putus Akibat Banjir, Warga Ambil Jalan Alternatif

 

LOKASI : Warga terdampak banjir mendirikan dapur umum secara swadaya – Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN – Banjir di Kabupaten Balangan semakin meluas. Tak hanya melanda di Kecamatan Juai, Awayan, Tebing Tinggi dan Halong, luapan air juga membanjiri hingga ke Kecamatan Paringin dan Paringin Selatan.

Khusus di Kecamatan Paringin tepatnya di Desa Hujan Mas, banjir mengakibatkan aktivitas warga terhenti karena tingginya genangan air.

“Kami berharap pemerintah daerah segera mengirimkan bantuan berupa perahu karet, makanan, obat-obatan dan popok bayi,” kata Kepala Desa Hujan Mas, Abdul Hadi, Selasa (30/11/2021).

Dia menambahkan, akibat banjir warga Desa Hujan Mas tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari karena jalan menuju ke pusat Kecamatan Paringin terputus sehingga warga harus melewati jalan alternatif untuk menuju ke sana.

"Air juga sudah menggenangi sebagian jalan utama sehingga akses jalan terputus. Warga yang mau ke Paringin harus melewati jalan alternatif,” ujarnya. 

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Balangan H Rahmi menyatakan, Pemerintah Kabupaten Balangan langsung menetapkan status tanggap darurat bencana banjir yang akan berlaku selama 14 hari ke depan. 

Saat ini, katanya, warga sangat memerlukan dapur umum sehingga nantinya setiap SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Balangan diminta untuk bisa ikut berperan aktif mendirikan dapur umum di tiap kecamatan.

"Kepada warga yang tidak terdampak juga kami harapkan bisa membantu warga yang terdampak banjir. Terutama dalam hal evakuasi dan dapur umum, untuk logistik kami upayakan semaksimal mungkin tersalurkan dengan merata," ujarnya. 

H Rahmi mengatakan pihaknya akan terus melakukan penanganan banjir dengan maksimal bersama instansi terkait meskipun personel dan perlengkapan terbatas. “Hal ini agar warga yang terdampak banjir dapat terbantu,” ujarnya.

Untuk diketahui, banjir di Kabupaten Balangan merendam beberapa desa di Kecamatan Paringin. 

Akibatnya, akses jalan menuju pusat Kecamatan Paringin terputus karena air di jalan utama terus meningkat. Hanya jalan anternatif saja yang bisa dilalui untuk menuju Paringin.

Ada beberapa daerah yang masih terendam di Kabupaten Balangan yaitu di Desa Juai dan Buntu Karau di Kecamatan Juai. 

Selain di Kecamatan Juai, banjir juga merambah ke Kecamatan Paringin Selatan tepatnya di Murung Abuin dan Baruh, kemudian di Kecamatan Paringin air mulai menggenangi Desa Batupiring, Layap, Hujan Mas dan Teluk Keramat. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama