Trending

Fak Kehutanan ULM, Bantu Petani Buat Aplikasi E-Commerce

 

PELATIHAN - Suasana kegiatan pengabdian masyarakat Fahutan ULM - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BANJARBARU - Pandemi memang memukul semua sektor, salah satunya adalah para petani hutan gambut di Indonesia, hal ini disebabkan rendahnya daya beli masyarakat, dan lemahnya akses masyarakat dalam pemasaran dan jaringan kerja.

Untuk meningkatkan kesejahteraan petani hutan gambut, Dosen dan mahasiswa S2 Fakultas Kehutanan yang terdiri dari Badaruddin, Setia Budi Peran, Rahmiyati, Febriyanto Akhmad Syam J, AlGifari Mushtofan melakukan kegiatan pegabdian masyarakat di Kelompok Tani  Peduli Gambut Sukamaju Banjarbaru.

Dijelaskan Badaruddin koordinator program pengabdian,  kegiatan yang dilakukan adalah  pelatihan photografi produk berbasis lahan gambut, pembuatan MoU/SPks kemitraan usaha dalam rangka pemasaran, pelatihan Pembuatan Web dan pendampingan kepada mitra. 

"Peningkatan hasil Pemasaran Hasil Bukan Kayu di Kelompok Tani  Peduli Gambut Sukamaju melalui Aplikasi E-Commerce merupak salah satu cara alternatif untuk meningkatkan harga jual dan pemasaran yang lebih menguntungkan petani," ungkapnya, beberapa waktu lalu.

Diakuinya, antusias peserta sangat tinggi untuk mengikuti pelatihan ini dan mereka sangat serius untuk menjalankan apa yang sudah diberikan saat pelatihan.

"Kami sangat berterima kasih kepada ULM melalui LPM ULm yang telah memberikan hibah PNBP tahun 2021 sehingga kegiatan pengabdian masyararakat Fakuktas Kehutanan ULM  dapat terlaksana, semoga apa yang dilakukan bisa memberikan manfaat bagi para petani," harapnya. (naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama