Trending

Tingkatkan Kemajuan UMKM, Pemkab Balangan Gelar Sosialisasi Kemitraan Berusaha

 

FOTO BERSAMA : Sosialisasi Pelaku UMKM di Aula Ar Raudah Resto and Waterpark, Paringin - Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN - Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Balangan, menggelar acara sosialisasi kemitraan berusaha.

Sebanyak 33 orang pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Bumi Sanggam mengikuti kegiatan tersebut yang bertempat di Aula Ar Raudah Resto and Waterpark, Kecamatan Paringin, Sabtu (13/11/2021). 

"Melalui kegiatan ini, Pemkab Balangan melalui dinas penanaman modal bisa memfasilitasi kemajuan UMKM yang asalnya micro bisa meningkat menjadi kecil, meningkat lagi menjadi usaha menengah dan usaha besar kedepannya," ungkap Kepala Bidang Perencanaan Pengembangan Iklim Promosi dan Pengendalian Pelaksana Modal, Rafi’ul Amal disela acara.

Dirinya juga mengatakan dalam kegiatan ini hanya mengundang 33 pelaku usaha saja, karena masih dalam suasana covid-19. Namun tetap akan dilakukan secara bertahap.

"Sebenarnya kita ingin melaksanakan sosialisasi kepada seluruh pelaku usaha namun mungkin bertahap jadi hari ini kita undang sekitar 33 UMKM," tuturnya.

Ia berharap, nilai investasi di kabupaten Balangan akan terus tumbuh dari tahun ke tahun, jadi pemerintah dapat merangkul para pelaku usaha, merangkul para pemodal merangkul para pengusaha besar yang ingin bisa bermitra dengan UMKM yang ada di Kabupaten Balangan.

"Kegiatan ini akan kita coba lanjutkan lagi di tahun-tahun yang akan datang, untuk dijadikan even tahunan," tambahnya.

Sebagai informasi kegiatan ini juga menghadirkan beberapa pemateri sebagai narasumber, antara lain dari Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Balangan, Bank Rakyat Indonesia (BRI), PT Adaro Indonesia, dan lmbaga perorangan yang mengetahui betul terhadap kiat-kiat berinvestasi di Banua Sanggam.

Sementara itu, CSR PT Adaro Indonesia Hasto Siswanto menyebutkan, ini langkah yang sangat luar biasa bagus inisiatif dari pemerintah daerah dalam pengembangan ekonomi.

“Kami mewakili perusahaan merasa sangat bahagia diberikan kesempatan untuk hadir disini, harapan kami ini menjadi langkah pembuka dan langkah pertama untuk kolaborasi dengan dinas-dinas yang lain dalam pengembangan ekonomi masyarakat khususnya UMKM,”ungkapnya.

WAWANCARA : Anita salah satu pelaku UMKM Permata Owner Madu Asli Pegunungan Meratus - Foto Dok


Sedangkan, salah satu pelaku usaha UMKM di Balangan Anita Permata Owner Madu Asli Pegunungan Meratus Kedai Anita menyambut baik kegiatan yang digelar.

“Sangat bagus sekali soalnya kita jadi wirausaha atau pengusaha itu selain modal kita juga perlu ilmu dan wawasan, ke depan selain kita dapat ilmu dan wawasan dari pemerintah atau adaro kita juga berharap dapat dibantu modal ataupun yang bermanfaat bagi kita dan semuanya,” tutup Anita. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama