Trending

TNI - Polri Bahu Membahu Tangani Banjir Di Kecamatan Juai Balangan

SINERGITAS: Anggota TNI-Polri terjun langsung ke lapangan untuk membantu korban banjir di Kecamatan Juai – Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN – Aparat TNI dan Polri di Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan ikut berperan serta dalam menangani musibah banjir di wilayah tersebut. Mereka langsung terjun ke lapangan untuk membantu warga yang terkena musibah.

“Kita melaksanakan banyak kegiatan saat banjir seperti peringatan dini saat air baru mau meningkat, membantu warga korban banjir, pengaturan lalu lintas, menyeberangkan warga yang terputus jalannya, membagi nasi bersama anggota polisi serta membuat posko banjir dan dapur umum bersama TNI-Polri aparat kecamatan dan Dinsos,” kata Kapolsek Juai, Ipda Paisal Kadapi ketika dikonfirmasi via WA, Jumat (26/11/2021).Ipda Paisal menegaskan, pihaknya selalu siap siaga menerima laporan warga dan selalu memantau lokasi desa yang rawan banjir.

Bahkan bukan itu saja, pihaknya juga sering mengimbau warga agar selalu waspada apabila terjadi hujan deras karena debit air sungai akan naik. Warga diminta untuk mengamankan barang-barang milik mereka dan waspada akan datangnya banjir susulan serta mewaspadai arus listrik.“Dimana hal tersebut menjadi pelajaran penting ketika banjir mengelilingi Kecamatan Juai dan sekitarnya pada tahun 2020 lalu,” kata Kapolsek.

Ipda Paisal berharap, semua pihak yang terlibat dalam penanganan banjir untuk terus meningkatkan kekompakan.

Dia menilai, Pemerintah Kabupaten Balangan  dan Kecamatan Juai sudah sangat berperan baik menjaga kesejahteraan, kenyamanan dan keselamatan warga.

Sementara itu, Anggota Koramil Juai, Serda Jeriana mengatakan, TNI turut turut berperan serta mengantisipasi banjir susulan akibat hujan deras yang melanda Kecamatan Juai. “Kami juga melakukan peninjauan ke lokasi yang rawan terdampak banjir,” ujarnya.

Untuk diketahui, beberapa wilayah di Kabupaten Balangan rentan mengalami banjir akibat hujan deras. Wilayah tersebut meliputi Kecamatan Tebing Tinggi, Kecamatan Batu Mandi dan Kecamatan Juai.

Berdasarkan hasil pantauan awak media di lapangan Kecamatan Juai merupakan salah satu wilayah yang rentan terdampak banjir akibat hujan deras.

Ada 15 desa di kecamatan ini yang rawan mengalami banjir yakni Lelayau, Mihu, Bata, Galumbang, Juai, Teluk Bayur, Sumber Rejeki (Jalan Lintasan), Mangku Uyam, Sirap, Buntu Karo, Marias, Muara Ninian, Pamurus, Sei Batung dan Tawahan.

“Adapun permasalahan terkait banjir tahunan ini karena faktor cuaca yakni hujan deras di wilayah desa yang rentan terjadi banjir,” kata Camat Juai, Nanang Edward. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama