Trending

Wabup Balangan Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Intan 2021

WAWANCARA : Wakil Buppati Balangan H Supiani - Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN - Menjelang perayaan Natal dan Tahun baru (Nataru) 2021-2022, Kepolisian Resort (Polres) Balangan menggelar apel gelar pasukan operasi lilin Intan tahun 2021 di halaman Mapolres Balangan, Kamis (23/12/2021).

Apel tersebut digelar secara serentak diseluruh jajaran polri, mulai dari Mabes Polri hingga kesatuan wilayah. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi dalam menjaga rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Nataru kali ini tentunya masyarakat ingin melakukan kegiatan ibadah bersama dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian. Peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas gangguan, Kamseltibcar  Lantas dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

"Oleh karena itu Polri selama 10 hari kedepan mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022 dengan mengedepankan kegiatan preventif dan preventif secara Humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19 sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman," ujar Wakil Buppati Balangan H Supiani yang berkesempatan bertindak sebagai pembina dengan membawakan sambutan dari Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo.

Apel gelar pasukan ini juga dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi lilin 2021 dengan melibatkan berbagai unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra Kamtibmas lainnya.

Lebih lanjut Supiani mengatakan, kegiatan ini tentunya tetap dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya, jangan sampai dianggap agenda biasa saja, namun harus tetap waspada agar jangan sampai muncul Cluster baru penyebaran covid-19 pada Nataru kali ini.

Berdasarkan pemetaan kerawanan yang telah dilakukan ada beberapa prediksi gangguan Kamtibmas yang harus kita antisipasi, seperti terorisme dan radikalisme, penyalahgunaan narkoba, pesta miras aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas  Curat, Curah, Curanmor seperti tawuran antar kelompok pemuda antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan dan fenomena La Nina.

"Untuk itu kami berharap kepada seluruh anggota yang bertugas agar mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik  pada masing-masing daerah," tambahannya.

Sementara itu dalam kesempatan ini, Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin menyampaikan, pihaknya telah melakukan penempatan-penempatan personel, di 20 gereja berdasarkan data yang didapat oleh pihaknya.

"Kami telah melakukan pembagian penempatan Personel, ke gereja-gereja, personel yang diikutsertakan bukan hanya dari Polri tetapi juga dari Satpol PP dan juga melibatkan pengamanan swakarsa gereja setempat," ungkapnya.

Kapolres Balangan menyebutkan, itu dilakukan untuk mengantisipasi sedini mungkin, pihaknya berkomitmen bahwasanya apapun kegiatan ibadah gereja, akan diamankan dan memberikan rasa nyaman bagi para jamaah, sehingga ancaman teroris dan sebagainya dapat kita cegah sedini mungkin.

Sementara untuk pengamanan tahun baru di operasi lilin ini, Polri/TNI bersama Pemda, berfokus di dua titik, yang  pertama sifatnya adalah pos pengamanan dan kedua post pelayanan.

"Bedanya dari post pengamanan ini ialah, unit lengkap dimana disana apabila terjadi pelanggan bisa ditindak pidana  di tempat, difokuskan di Posku Dahai dan terminal, yang melibatkan unsur terkait sejumlah 140 personel," ujar Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama