Trending

Optimalkan Pengelolaan Persampahan, DPLH Balangan Kembali Datangkan Unit Baru

 

PENYERAHAN : DPLH Balangan datangkan lagi unit kebersihan - Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN - Tingkatkan pengelolaan persampahan di Bumi Sanggam, Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPLH) Kabupaten Balangan kembali mendatangkan armada angkutan sampah.

Kali ini, satu unit baru angkutan sampah jenis Armroll telah terparkir di depan halaman kantor dinas tersebut, setelah sebelumnya pada beberapa waktu yang lalu pihaknya juga turut mendatangkan masing-masing satu unit penyapu jalan (road swepeers) dan satu unit compactor.

Kasi Pengelolaan Persampahan DPLH Balangan Budi Setialaksana, mengatakan semua pengadaan angkutan sampah memang masuk anggaran pada APBD Kabupaten Balangan tahun 2021 atau di anggaran perubahan tahun ini.

“Alhamdulillah, kita DLH kembali kedatangan 1 unit truck pengangkut sampah (armroll), setelah sebelumnya juga membeli masing-masing 1 unit penyapu jalan (road swepeers) dan 1 unit compactor,” ujarnya, Jum'at (17/12/2021).

Budi mengungkapkan dengan datangnya 1 unit armroll, maka saat ini jumlah unit armroll yang dimiliki pihakya ada total sebanyak 5 unit.

“Semua unit yang baru datang termasuk dalam pengadaan anggaran perubahan tahun 2021, rencananya dioperasionalkan tahun depan, karena terkait anggaran untuk BBM dan tenaga operasional (sopir) serta pengangkut sampah. Untuk sementara kami fokus di administrasi dulu,” lanjutnya.

Nantinya, apabila unit tersebut sudah dioperasionalkan maka terlebih dahulu bergerak di areal perkotaan. Dalam pengangkutan sampah kita akan fokuskan menggunakan unit road swepeers dan compactor. 

"Sementara untuk unit truck armroll belum kita tentukan, apakah untuk membantu TPS3R atau pelayanan pasar di kecamatan," tutupnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama