Trending

Pelajari Dua Unit Kendaraan Kebersihan, DPLH Balangan Datangkan Teknisi

 

TEKNISI : Salah satu teknisi mengecek unit kebersihan DPLH Balangan - Foto Dok


BANUATODAY.COM,  BALANGAN - Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPLH) Kabupaten Balangan tidak ingin terlena dengan hadirnya dua unit kendaraan penyapu jalan (road Sweeper) dan Unit sampah press (Compector) dengan mengadakan pelatihan, pengoperasian dan pengenalan.

Pelatihan yang di gelar selama dua hari di areal kompleks perkantoran tugu maritam, Rabu (8/12/2021), memang sangat diperlukan untuk menambah wawasan petugas koordinator lapangan bidang pengelolaan persampahan.

Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan DPLH Balangan, Dessy  Reyhannie mengatakan pelatihan pengoperasian dan pengenalan unit tersabut diikuti tiga orang staff yang ikut untuk belajar secara mendalam sebelum ada driver asli untuk kedua unit tersebut. 

“Ada tiga orang yang merupakan staf di bidang pengelolaan persampahan DPLH Balangan yang mengikuti pelatihan tersebut, setelah nanti mereka selesai pelatihan merekalah yang akan mentransfer atau melatih driver baru yang kemungkinan setelah kontrak baru untuk sopir di tahun 2022,” ujarnya, saat dikonfirmasi via telpon.

Ia berharap, unit baru tersebut bisa di maksimalkan sebaik mungkin, untuk membantu pengangkutan sampah di Balangan agar lebih efisien.

"Semoga dengan adanya penambahan unit baru dapat mengoptimalkan kinerja petugas, terutama pengangkut persampahan," 

Sementara itu, Ridwan selaku teknisi dari PT Gemilang Teknis Persada saat ditemui dalam kegiatan pelatihan, pengoperasian dan pengenalan unit road swepeers dan unit compactor di DPLH Balangan menyampaikan beberapa keunggulan yang dimiliki dari kedua unit tersebut.

'Kelebihan unit sampah press Compector adalah dapat menampung sampah lebih banyak dengan perbandingan 1 : 3 dari muatan truck biasa dan bisa memisahkan sampah dangan air limbah,"

Sedangkan keunggulan unit Road Sweeper sendiri adalah, kerjanya lebih optimal dari pada sistem manual, dapat menyapu sampah sepanjang 15 km per jam maksimal dengan penggunaan jumlah BBM 8 liter Perjam. 

"Bisa menampung 4 meter kubik atau 4000 litar sampah, armada ini dilengkapi vakum untuk menghisap sumbatan sampah di saluran air dan pompa tekanan untuk membilas jalan dan trotoar," tutupnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama