Trending

Polres Balangan Gelar Konferensi Pers Ungkap Kasus Sepanjang 2021

KONFERENSI PERS: Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin SIK menggelar konferensi pers pengungkapan kasus selama tahun 2021 – Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN – Kinerja positif ditunjukkan Polres Balangan sepanjang tahun 2021.

Bahkan Polres Balangan juga turut berpartisipasi aktif dalam penanganan Covid-19 di Bumi Sanggam dengan ikut mensukseskan dan menggencarkan kegiatan vaksinasi bersama stakeholder terkait. Hal ini dibuktikan dengan capaian vaksinasi nomor urut 1 se-Provinsi Kalimantan Selatan dan Kabupaten Balangan bertahan di Level 1 PPKM nasional.

Dalam konferensi pers yang digelar Polres Balangan, Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin SIK menjabarkan secara rinci kinerja dari jajarannya terkait pengungkapan kasus tindak pidana selama tahun 2021 di Mapolres Balangan, Senin (27/12/2021).

"Angka kejahatan di Kabupaten Balangan turun 50 kasus atau setara 23 persen, ada terdapat sebanyak 166 kasus tindak pidana. Dari keseluruhan kasus yang ditangani, Polres Balangan berhasil menyelesaikan 79 persen kasus atau sebanyak 132 kasus yang meliputi kejahatan pencurian dengan pemberatan (curat), kejahatan penyalahgunaan narkotika, kejahatan curanmor, penganiayaan, laka lantas dan Undang-Undang Perlindungan Anak," ujar Zainal Arifin.

Untuk kejadian kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di tahun 2021 di wilayah Kabupaten Balangan mengalami penurunan dari 30 kasus di tahun 2020 menjadi 22 kasus di tahun 2021.

Kapolres mengungkapkan, turunnya angka kasus laka lantas tidak lepas dari peran aktif personil dalam memberikan edukasi tertib berlalu lintas serta kehadiran personel di titik rawan kecelakaan dengan melakukan tindakan penilangan 1.270 kasus dan 4.265 teguran.

Untuk kasus Narkoba selama tahun 2021, Polres Balangan telah mengamankan total barang bukti jenis karisoprodol sebanyak 57 ribu butir pada bulan Oktober lalu. 

"Meskipun jumlah tersangka kasus Narkoba yang ditangkap menurun jika dibandingkan di tahun sebelumnya, tetapi barang bukti narkotika yang diamankan lumayan besar dan tinggi," jelas Kapolres.

Selain berpartisipasi aktif dalam penanganan Covid-19, Polres Balangan juga melakukan pelayanan publik seperti memberikan terobosan percepatan pelayanan pembuatan SKCK keliling. Hingga 24 Desember 2021 tercatat sebanyak 4.634 lembar SKCK telah diterbitkan. 

"Kita akan selalu senantiasa memberikan rasa aman dan nyaman serta melayani masyarakat dengan semaksimal mungkin, semoga tahun 2022 mendatang kkinerja kami lebih baik lagi," tutupnya. (vro/fsl)


Lebih baru Lebih lama