Trending

Disdikbud Kalsel Siap Dukung Program INAGA Kalsel

FOTO BERSAMA: Ketua INAGA Kalsel Muhammad Hidayattollah bersama Erwen Sasmita dan Muhammad Azimi berfoto bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel Muhammadun AKS MIKom – Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN - Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Selatan, Muhammadun AKS MIKom menyatakan pihaknya siap mendukung program kerja Ikatan Nanang Galuh (INAGA) Kalimantan Selatan periode sekarang yang bermitra dengan beberapa instansi.

Salah satu langkah INAGA Kalsel yang mendapat apresiasi Muhammadun adalah menjadikan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor sebagai Dewan Pelindung INAGA Kalsel, menjadikan Disdikbud Kalsel sebagai Pembina dan merekrut Anggota DPR RI asal Kalsel, Rifqinizamy Karsayuda sebagai Ketua Dewan Pembina INAGA Kalsel.Terlebih Muhammad Rifqinizamy Karsayuda merupakan sosok anak muda yang sangat berpengaruh di Banua.

Menurutnya, Rifqinazamy yang akrab disapa Bang Rifqi juga pernah beberapa kali menjadi juri dalam pemilihan Nanang Galuh Kalsel sehingga dinilai tahu betul bagaimana kondisi dan peran INAGA Kalsel untuk kemajuan Banua.

"INAGA Kalsel harus lebih baik harus dekat dengan masyarakat. Kemudian bisa paham isu nasional. Agar marwah INAGA tetap terjaga," katanya ketika menerima kunjungan Ketua INAGA Kalsel, Muhammad Hidayattollah didampingi Nanang Kalsel 2021, Muhammad Azimi dan Erwen Sasmita yang melakukan silaturahmi, Senin (14/3/2022).

Ia menyarankan agar INAGA Kalsel jangan hanya menjadi pembawa baki, sebagaimana yang dikatakan Paman Birin pada pemilihan Nanang Galuh Kalsel 2016 lalu.

"Ini merupakan cambuk, semangat dan pembangunan mental baru buat INAGA. Menjadi duta itu tidak gampang, harus bisa kreatif, inovasi dan bermanfaat agar nantinya menginspirasi anak anak muda lain," kata dia.

Sementara itu, Ketua INAGA Kalsel Muhammad Hidayattollah merasa senang Anggota DPR RI Dapil Kalsel, Muhammad Rifqinizamy Karsayuda bersedia menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina INAGA Kalsel.

“Kami berbangga dan mengapresiasi karena Bang Rifqi bersedia menjadi Ketua Dewan Pembina INAGA Kalsel,” ucap Muhammad Hidayattollah yang akrab disapa Dayat El Menurutnya hal ini merupakan suntikan semangat baru untuk INAGA Kalsel ke depannya.

“Di mana INAGA sebelumnya kerap dikucilkan, diremehkan dan tidak dianggap,” kata Dayat El.

Terlebih, sambung dia, sosok Bang Rifqi bukan orang baru di dunia Nanang Galuh Kalsel.

Putra daerah asli Barabai itu pernah menjadi dewan juri Nanang Galuh selama delapan tahun, baik di tingkat Kabupaten atau Kota maupun Provinsi.

“Secara garis besar, Bang Rifqi mengetahui bagaimana seluk beluk INAGA Kalsel. Sosok seperti beliau yang dibutuhkan. Orang yang paham, membina dan merangkul,” ungkap Dayat El.

Dayat El berharap kehadiran Bang Rifqi mampu menjadi semangat baru untuk INAGA Kalsel.

Dari sini, INAGA Kalsel memulai kembali kolaborasi dan sinergitas dengan DPR RI maupun pemerintah.

“INAGA Kalsel siap mendukung program-program nantinya. INAGA Kalsel juga siap turun langsung membantu masyarakat sehingga INAGA Kalsel bukan hanya seperti model-model. Artinya, INAGA Kalsel harus bermanfaat untuk masyarakat,” pungkasnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama