Trending

Jaga Keberlangsungan Ekspor Porang, Pemkab Balangan Launching Program POKAR

 

PENANAMAN : Bupati Balangan H Abdul Hadi, didampingi  oleh Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, Dandim 1001/HSU-BLG Letkol Int Aldin Hadi, Kadistan Balangan Ir Tuhalus, dan jajaran forkopimda - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BALANGAN - Menjaga keberlangsungan Kabupaten Balangan sebagai pengekspor porang satu-satunya di Kalimantan Selatan, Pemerintah Kabupaten Balangan launching program Porang Karet (POKAR).

Launching program tersebut ditandai dengan pelaksanaan tanam perdana porang langsung oleh Bupati Balangan H Abdul Hadi, didampingi  oleh Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, Dandim 1001/HSU-BLG Letkol Int Aldin Hadi, Kadistan Balangan Ir Tuhalus, dan jajaran forkopimda lainnya,  Kamis (31/3/2022), di Desa Mungkur Uyam, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan,

"Kita akan berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Balangan melalui tanaman porang dengan cara menjamin keberlanjutan ekspor kita tadi. Kita juga akan membina kelompok-kelompok yang melakukan penanaman porang," ucapnya.

Bupati juga mengatakan kalau masyarakat di Balangan tidak mempunyai lahan terbuka namun memiliki kebun karet, oleh karena itu tanaman tumpang sari porang dan karet ini kita launchingkan supaya petani-petani yang memiliki kebun juga bisa menghasilkan pendapatannya melalui varitas tanaman lainnya.

"Untuk itu kami meminta agar dilakukan pendampingan terhadap petani porang, mungkin bisa dibantu kawal dari jajaran Polres Balangan sampai melalui Bhabinkamtibmas, begitu juga dengan Kodim melalui Babinsa agar senantiasa benar-benar terkontrol dan di awasi sampai kepada tingkat panen dan hingga penjualan,” tambahnya.

Ia berharap, program ini dapat menanggulangi kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Balangan.

“Dari data statistik bahwa angka kemiskinan di Balangan masing tinggi. Ini merupakan salah satu upaya dan langkah pemerintah daerah dalam rangka menanggulangi kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran di Bumi Sanggam,” pungkasnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama