Trending

Melalui Samkel, UPPD Balangan Tambah Jam Operasional Layanan Selama Ramadhan

UPPD : Samsat Keliling yang berada di kawasan Terminal Paringin - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BALANGAN - Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Balangan menambah jam pelayanan diselama bulan ramadhan guna memudahkan masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor tahunan.

Sebelumnya, UPPD Samsat Balangan juga telah memiliki salah satu program yakni samsat keliling yang tugasnya dalam setiap hari datang ke setiap kecamatan yang ada di Balangan.

Terbaru, selama bulan ramadhan, Samsat kabupaten Balangan menambah jam pelayanan yang dilaksakanan dari hari Senin sampai dengan Sabtu pada waktu sore hari 16.00-17.30 WITA, di sekitar kawasan Terminal Paringin atau tepatnya di dekat pasar ramadhan Balangan.

Dijelaskan Kepala Seksi PKB  dan BBNK UPPD Samsat Balangan, Rahmatullah, Gerai Samsat Keliling ini hanya melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) tahunan, sedangkan untuk perpanjangan STNK (lima tahunan) dan ganti pelat nomor kendaraan harus datang langsung ke kantor Samsat. Penambahan jam pelayanan ini hanya untuk bulan ramadhan yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat.

“Untuk samsat keliling ini kan sudah ada jadwalnya, yakni Senin itu di Kecamatan Halong, Selasa di Juai, Rabu di Awayan, Kamis di Lampihong, Jum'at di depan pos Satlantas Polres Balangan, dan Sabtu di pasar Adaro, Paringin, dari jam 08.30-11.30 WITA,” ujarnya, Rabu (6/4/2022).

Dan pada bulan ramadhan ini, tambahnya, guna memberikan pelayanan yang sama pihaknya menambah jam pelayanan yakni dari jam 16.00-17.30 WITA di setiap hari, kecuali minggu.

“Bilanya yang jam ramadhan ini ada 2 orang petugasnya sama 1 dari kepolisian, untuk jamnya dari pukul 4 sore hingga 17.30 yang di adakan di sekitar kawasan pasar ramadhan,” ungkapnya.

Sementara itu, Setiawan Pamungkas warga Batu Piring, Kecamatan Paringin Selatan yang kala itu melakukan perpanjangan pajak kendaraan bermotor miliknya di tempat samsat keliling, mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan samsat keliling ini.

“Dalam rangka membayar pajak kendaraan, dengan adanya samsat keliling ini pastinya kita merasa sangat terbantu sekali karena saya bertugas atau bekerja itu kalo pagi ke Tebing Tinggi jadi untuk pagi kemungkinan besar susah karena pulangnya pasti siang atau sampai sore, nah karena disini ada mobil samsat keliling sangat terbantu,” terangnya.

Lebih baru Lebih lama