Trending

Berdampak Positif, Masyarakat Berharap Layanan Home Care di Balangan Terus Berlanjut

 

CEK KESEHATAN : Tim kesehatan UPT Puskesmas Lampihong memeriksa salah satu pasien dirumahnya - Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN - Adanya program layanan Home Care (dokter kunjung) di Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas Lampihong sangat dirasakan dampak positif oleh masyarakat. 

Layanan tersebut sangat membantu masyarakat yang tidak bisa menuju ketempat faskes untuk berobat dan mengecek kesehatannya. Salah satu warga Desa Matang Hanau, Kecamatan Lampihong yang merasakan kemudahan tersebut, Muhammad Noor mengatakan ibunya sangat terbantu adanya home care, karena sudah tidak bisa menuju tempat faskes.


“Menurut saya, yang pertama memudahkan bagi pasien, karena dokternya yang datang ke rumah, itu sangat luar biasa, saya sangat apresiasi terhadap para dokter yang ada ini. Semoga program ini terus berlanjut nantinya,” ucapnya, Selasa (21/6/2022).


Sementara itu, Linda Herbayanti selaku Pengelola Home Care di UPT Puskesmas Lampihong mengatakan, ada sekitar 6 orang lansia di Desa Matang Hanau yang mendapat jadwal kunjungan untuk diberikan pelayanan pengecekan kesehatan secara gratis.

"Kita terus upayakan kunjungi warga yang memerlukan pemeriksaan kesehatan," tuturnya.

Lebih lanjut, Kepala UPT Puskesmas Lampihong H Nuryono saat ditemui di ruang kerjanya menyebut, program layanan Home Care di UPT Puskesmas Lampihong sudah berjalan sekitar 2 bulan, dengan pasien yang sudah dikunjungi itu ada sekitar 40 orang di 20 desa di UPT Puskesmas Lampihong

KUNJUNGAN : Tim Home Care UPT Puskesmas Lampihong saat berkunjung ke Desa Matang Hanau, Kecamatan Lampihong - Foto Dok


Pihaknya akan tetap menyasar untuk datang kerumah pasien dengan kategori penyakit seperti penderita stroke, kencing manis, dan riwayat penyakit lainnya yang membuat orang tersebut tidak bisa datang langsung ke rumah sakit atau faskes lainnya.

“Untuk data pasien selama ini, tetap kita koordinasikan dengan aparat dan bidan desa, jadi mereka yang melaporkan kepada kita, untuk jadwal kita jadwalkan 2 kali seminggu terkait pemeriksaan kesehatan ke rumah-rumah dengan melibatkan seluruh tenaga kesehatan yang ada di UPT Puskesmas Lampihong,” pungkasnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama