Trending

Kecamatan Juai Bakal Memiliki Pasar Wisata Modern

LOKASI : Camat Juai Nanang Edward memantau rencana pembenahan pasar - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BALANGAN - Untuk meningkatkan perekonomian warga juai, keberadaan pasar Desa Mungkur Uyam yang selama 20 tahun tidak berfungsi mulai dilirik keberadaannya.

Bangunan yang didirikan pada tahun 2002 tersebut sudah lama tak terurus dan terbengkalai serta dipenuhi tanaman liar. 

Camat Juai, Nanang Edward mengatakan akan merenovasi dan membenahi bangunan pasar dengan konsep baru yang menarik para pembeli dan wisatawan.

 

"Bangunan peninggalan pemerintahan HSU yang selama ini terbengkalai nampaknya akan menjadi fasilitas yang akan berfungsi kembali," ucapnya, Senin (13/6/2022).


Rencananya, konsep pasar wisata yang modern dan kekinian akan direalisasikan. Sentra UMKM Kecamatan Juai yang selaras dengan program Bupati Balangan untuk mendukung perkembangan UMKM. 

"Selain itu juga akan di bangun panggung pentas, tempat nongkrong ala cafe modern.Saat ini konsepnya sudah mulai ada progres," tambahnya.

Ia menjelaskan, semua yang direncanakan sudah dikoordinasikan dengan Bupati Balangan serta mendapatkan respon yang baik dari instansi terkait yakni Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan serta Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah Kabupaten Balangan.

"Koordinasi sudah saya lakukan dengan Bupati dan saya coba buat telaahan staf, Alhamdulillah beliau menyetujui konsep tersebut," jelasnya.

Nanang berharap konsep ini berjalan lancar serta  mendapat dukungan penuh dari pemerintah, masyarakat dan pihak-pihak terkait agar Pasar Mungkur Uyam bisa hidup dan bukan hanya sekedar tempat berbelanja akan tetapi juga tempat bersantai dan wisata bagi masyarakat.

"Saya berharap mendapat dukungan dari masyarakat semua agar kecamatan kita bisa punya tempat untuk berwisata," tutupnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama