Trending

Obligasi Hadirkan Vivi Zubedi, Bahas Soal Branding Produk Lokal

PRODUK - Vivi Zubedi Ketua Dekranasda Banjarbaru dihadirkan dalam Obligasi Bank Kalsel

BANUATODAY.COM.Banjarbaru - Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Banjarbaru terus berbenah agar mampu menjadi pendorong kebangkitan ekonomi di kota Idaman.

Pembenahan antara lain membuka lebar pintu Dekranasda dan mem-branding produk lokal.

Lebih jelasnya langkah apa saja yang dilakukan pihak Dekranasda Banjarbaru yang diketuai Vivi Zubedi, diungkap dalam Obligasi (Obrolan Lintas Generasi) yang merupakan program tetap Bank Kalsel dan disiarkan live melalui Instagram; bankkalsel dan YouTube; Bank Kalsel.

Pada Obligasi episode 15 season 2 itu, obrolan dipandu oleh dua host dari Bank Kalsel yaitu Sulthan Yasfi dan Hilary Ligina. 

Menurut Vivi yang juga Ketua TP PKK Banjarbaru, Ketua Bunda PAUD Banjarbaru dan fashion designer, sebenarnya banyak produk daerah yang layak jual.

"Sebagaimana di Banjarbaru, setelah  dilantik saya adakan Workshop Standarisasi Produk Daerah. Tatkala produk kerajinan dari Banjarbaru dibawa ke Paris Fashion Show, langkah mem-branding ke dunia internasional itu membawa hasil, sehingga saat berpameran di Jakarta produknya pun laris manis," jelas Vivi.

Dalam hal mengangkat produk lokal yang sudah layak jual, memang menurut Vivi diperlukan branding. Dan setiap produk punya pasar sehingga harus cari dan mengenalkannya itu melalui branding.

"Analisa pasar, ternyata orang luar negeri itu suka produk yang eksotik. Makanya untuk produk sasirangan kita bikin yang kontemporer untuk memudahkan penetrasi pasar luar daerah. Sebab dengan motif sasirangan tradisional itu pasarnya hanya lokal. Terbukti saat sasirangan kontemporer diluncurkan secara live shopping ternyata yang beli banyak dari luar Kalsel," bebernya.(naz/fsl)

 

Lebih baru Lebih lama