Trending

Masih Terendah di Kalsel, PDAM Balangan Lakukan Penyesuaian Tarif Baru

 

WAWANCARA: Murjani selaku PLT Direktur PDAM Kabupaten Balangan - Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang memberikan jasa pelayanan dan menyelenggarakan kemanfaatan di bidang air minum. 

Aktivitas PDAM antara lain mengumpulkan, mengolah, dan menjernihkan sampai mendistribusikan air ke masyarakat atau pelanggan.

Menindaklanjuti perihal penyesuaian kenaikan tarif air bersih PDAM Kabupaten Balangan, dengan hal ini pihak PDAM mengkonfirmasi bahwa kenaikan ini berdasarkan tiga sumber hukum, yaitu Peraturan Bupati Nomor 33 Tahun 2022 Tanggal 21 Maret 2022, Peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2020, serta Keputusan Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 188.44/0660/KUM/2021.

Murjani selaku PLT Direktur PDAM Kabupaten Balangan juga menjelaskan penyesuaian tarif ini untuk kalangan menengah ke atas saja, penyesuaian tarif yang berbeda-beda disesuaikan hdengan golongan tetapi masih di skala termurah se-Kalsel.

"Perihal tentang penyesuaian tarif ini adalah perintah langsung dari Gubernur Kalsel dan juga dengan kenaikan ini kami dari pihak PDAM terus memberikan pelayanan dan kualitas terbaik untuk pelanggan kami. Kebijakan penyesuaian tarif ini pun masih termurah dari Kabupaten lainya," ucap Murjani saat ditemui di kantornya, beberapa waktu lalu.

Atas dasar tersebut maka PDAM Balangan membuat ajuan atau usulan penyesuaian tarif ke Pemerintah Kabupaten Balangan, yang kemudian disetujui dan di tandatangani oleh Bupati Balangan.

"Memang tarif tersebut sempat menuai pertanyaan dari pemerintah, akan tetapi sesuai aturan dan dasar hukum tersebut, maka akhirnya disetujui namun dengan syarat tidak melebihi dari penyesuaian tarif PDAM kabupaten/kota se Kalsel, sehingga tarif PDAM Balangan tetap yang termurah dari kabupaten lainnya," jelas Murjani.

Berlakunya kebijakan penyesuaian tarif harga PDAM Balangan dimulai bulan Juli 2022 yang akan di bayarkan pada Agustus 2022

Dengan adanya penyesuaian tarif ini Bupati Balangan, H Abdul Hadi menginginkan agar PDAM Kabupaten Balangan tetap beroperasi dan keuangannya tetap sehat, walaupun masih tarif yang akan datang ini masih diharga terendah Se-kalimantan Selatan. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama