Trending

Peringati Hari Anti Narkotika Internasional, BNN Balangan Launching Desa Bersih Narkoba

 

LAUNCHING : Bupati Balangan H Abdul Hadi serahkan SK kepada salah satu perakilan Desa - Foto Dok


BANUATODAY.COM,  BALANGAN - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Balangan menggelar kampanye dan pergelaran seni dalam rangka peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) sekaligus launching Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Mahligai Mayang Maurai, Kecamatan Paringin, pada Senin (11/7/2022). 

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Bupati Balangan H Abdul Hadi beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Balangan, Ketua TP-PKK Balangan Hj Sri Huriyati Hadi, Kepala BNN Balangan M Faisal Sidik, Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, dan para undangan lainnya.

Pada kesempatan ini Bupati menyerahkan SK Desa Bersih Narkoba (Bersinar) kepada 3 desa yang di launching pada kegiatan tersebut diantaranya, Desa Lingsir Kecamatan Paringin Selatan, Desa Matang Hanau Kecamatan Lampihong, dan Desa Sungsum Kecamatan Tebing Tinggi. 

"Semoga dengan adanya launching Desa Bersinar, desa-desa di Kabupaten Balangan bisa bebas dan bersih dari Narkoba. Dengan adanya kerjasama TP-PKK maka kita juga membangun kekuatan dari keluarga agar benar-benar bersih dari Narkoba,” ujarnya. 

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada BNN Kabupaten Balangan yang telah membangun sinergitas dengan TP-PKK Balangan. Bupati juga berterimakasih kepada jajaran Polres Balangan dengan Satresnarkoba yang selama ini telah bekerja keras menangkap bandar-bandar Narkoba. 

“Harapannya peredaran narkoba dari tangan-tangan yang bisa merusak generasi kita, bisa kita cegah dengan adanya kerja keras jajaran Polres Balangan dan BNN Balangan,” imbuhnya.

Sementara, Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin menyambut baik dengan adanya sinergitas antara pemerintah daerah melalui TP-PKK Balangan dengan BNN Kabupaten Balangan. 

“Kita akan selalu mendukung penuh kegiatan ini, salah satunya adalah kita juga akan melaksanakan kegiatan pencegahan tindakan preventif, persuasif dan kita juga melakukan melakukan pengawasan kalau perlu kita lakukan tindakan refresif,” tuturnya.

Ia juga mengungkapkan, angka penyebaran narkoba di Kabupaten Balangan dari perbandingan tahun ke tahun terjadi penurunan yang cukup signifikan. 

“Untuk tingkat pengungkapan narkotika jadi kita perbandingan adalah tahun pertahun, dari tahun 2020 kemudian tahun 2021 dan sekarang ini berjalan semester pertama di tahun 2022 terjadi penurunan yang cukup signifikan dari laporan polisi atau dari pengungkapan yang kita lakukan kemudian dari jumlah barang bukti narkoba yang sudah kita ungkap pun itu terjadi penurunan baik kualitas maupun kuantitas,” terangnya. 

Pihaknya dengan jajaran satresnarkoba Polres Balangan dan BNN Balangan akan bekerjasama, sehingga benar-benar dipastikan sesuai harapan Bupati dan masyarakat, untuk Kabupaten Balangan zero penyalahgunaan Narkoba. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama