Trending

Visi Selaras Sandiaga dan Paman Birin

DUKUNG - Paman Birin bersama Sandiaga Uno yang terus mendukung Ekonomi Kreatif

BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mendorong transformasi ekonomi Banua, dari sumber daya tak terbarukan menuju sumber daya terbarukan.

“Batu bara bisa habis, sehingga kita mengarah ke sumber daya terbarukan seperti pertanian, peternakan pariwisata, UMKM dan yang lainya,” katanya.

Visi itu disampaikan Sahbirin Noor saat meninjau kegiatan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) tahun 2022, Selasa (12/7). Dilaksanakan dari tanggal 11-13 Juli 2022, di Duta Mall Banjarmasin.

Dalam event itu, Paman Birin yang mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Ia menyampaikan apresiasi terhadap upaya Kemenparekraf dalam mendorong pelaku ekonomi kreatif di Banua untuk berkembang.

“Pemprov mendukung dan mengapresiasi upaya yang dilakukan Bapak Sandiaga untuk meningkatkan ekonomi Kalimantan Selatan, ” ucap Paman Birin.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, AKI adalah program unggulan pengembangan ekonomi kreatif. Caranya melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif. Baik pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film, dan musik. 

Menurut Sandiaga, program Kemenparekraf selaras dengan arah kebijakan Gubernur Kalsel Paman Birin yang diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja.

“Transformasi ini akan mampu menciptakan lapangan kerja. Kita ingin menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” sebut Sandi.

Karena itu, untuk memperkuat sektor ekonomi kreatif yang bersanding erat dengan sektor pariwisata, pihaknya selain melakukan pendampingan dan mentoring juga memberikan pelatihan (workshop) agar UMKM semakin tumbuh dan berkembang dengan baik.

Banjarmasin menjadi satu dari total 16 kota diselenggarakannya ajang kreasi untuk produk-produk kreatif itu.

Dalam acara itu, Paman Birin bersama Sandiaga Uno meninjau lebih dekat hasil kerajinan produk- produk kreatif banua. (naz/fsl)

 

Lebih baru Lebih lama