Trending

Labkes Kalsel Mendapat Kunjungan Tim Assesor Pusat

 

FOTO BERSAMA: Ketua BLUD Laboratorium Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan H Riko Ijami MKes, bersama tim Assesor pusat - Foto Dok 

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Tim Assesor Pusat berkunjung ke Laboratorium  Kesehatan (Labkes) Provinsi Kalimantan Selatan, pada 29-30 Agustus 2022.

Kunjungan tersebut sebagai Assesment dalam rangka surveilen ke-2 dan penambahan ruang lingkup sampling (LP-488-IDN) ISO/IEC 17025.2017.

"Kami datang ke Labkes Kalsel sebagai bentuk penugasan dari Komite Akreditasi Nasional (KEN) untuk melakukan surveilen penambahan ruang lingkup dan sampling kualitas air dan kualitas udara, di Laboratorium Kesehatan Kalsel ini,” ucap Dr Toto Wiradisastra yang datang bersama Tim Assesor Henggar Hardiani MSi, Nurlaila MP, Senin (29/8/2022).

Dr Toto menjelaskan, proses surveilen sampling ini jangan sampai keliru, sebab hasilnya bisa menjadi tidak baik walaupun personil dan peralatan bagus di laboratorium.

"Sebagai salah satu syarat utama menuju akreditasi, makanya kita harus hati-hati. Jadi hasilnya dapat dipertanggungjawabkan," jelasnya.

Toto Wiradisastra juga mengatakan bahwa surveilen dan sampling sebagai bentuk peninjauan ulang, sebab laboratorium ini telah terakreditasi. Setelah itu kemungkinan hasilnya paling lama 2 bulan, namun jika tidak ada ditemukan ketidaksesuaian maka waktunya kurang pada itu.

“Jika telah terakreditasi, maka assesor melakukan kunjungan dua kali. Kalau hasilnya aman, artinya tidak ada perbaikan di laboratorium, sehingga proses akreditasi berhasil dan mendapatkan surat dari KEN," tuturnya.

Sementara itu, Ketua BLUD Laboratorium Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan H Riko Ijami MKes, mengungkapkan, Laboratorium Kesehatan yang dipimpinnya tetap mematuhi segala aturan yang berlaku.

“Ya, kita akan memenuhi apa saja yang disampaikan assesor, termasuk evaluasi dan audit. Jadi tidak hanya proses pemeriksaan cepat atau lambat atau baik, tapi lebih kepada hal yang harus dipenuhi, termasuk SDM juga kompeten, alat memadai, sampling sesuai sertifikasinya," imbuh Riko.

Riko berharap proses akreditasi di Labkes Kalsel bisa berjalan lancar sesuai yang diharapkan sehingga Labkes Kalsel ini bisa lebih maju dan diandalkan dalam pengambilan sampling.

"Jadi alat, bahan, orang, space, dan lainnya memang harus memenuhi ketentuan. Assesor kini telah melakukan audit laboratorium kesehatan ini, semoga berjalan lancar," tukasnya. (naz/fsl) 

Lebih baru Lebih lama