Trending

Pegiat Event Bubuhan Balogo Putri Balangan Dominasi Podium Juara

 

FOTO BERSAMA: Para pemenang pegiat Bubuhan Balogo Balangan - Foto Dok 

BANUATODAY.COM, BALANGAN - Masih dalam rangka memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Ke-77 Tahun 2022, para pegiat Bubuhan Balogo Balangan menggelar event Lomba Balogo Bertajuk Bupati Balangan Cup 2022 se-kalimantan Selatan Bertempat di Wahana Olahraga Tepian, 27 - 28 Agustus 2022.

Permainan tradisional Suku Banjar ini biasanya dimainkan oleh anak-anak hingga orang dewasa baik pria dan wanita, secara beregu maupun perorangan.

Salah satu penggiat dan panitia pelaksana Aries Haryadi menjelaskan, Tak perlu waktu lama diedarkan undangan tersebut ke semua kabupaten kota di Kalsel. Langsung disambut positif oleh puluhan peserta yang hadir pada hari ini. Layaknya pertandingan kelas nasional yang setiap pertandingannya selalu diikuti tepuk tangan untuk para emak-emak ataupun remaja saat membidik target tersebut.

"Ada variasi nomor pertandingan yang kami tawarkan kepada pegiat dan penggiat permainan tradisional tersebut yakni adanya nomor perorangan putri, "Ucapnya. 

Menurutnya Jarang terdengar cerita tentang adanya atlet pegiat balogo seorang putri kini makin menggema di bumi Antasari. Hal ini bisa dibuktikan banyaknya animo warga Balangan yang menggeluti olahraga tradisional tersebut yang biasa dimainkan oleh kaum pria. 

"Alhamdulillah puncak podium 1 dapat di amankan oleh pegiat tuan rumah dengan nama Siti Khadijah. Tak berhenti disitu pegiat Balangan juga mengamankan posisi podium peringkat Juara 3 jumietul hairiah, 4 elin suharti dan 5 saputri adelia Azahra, "paparnya. 

Diketahui, Peserta Balogo Putri berdatangan dari berbagai kabupaten tetangga seperti HST. HSS. Serta Tapin dan lain-lain. Hal ini juga yang mendasari Bupati Balangan berkerjasama dengan komunitas Bubuhan Balogo Balangan menggelar event tersebut.

"Semoga atlet balogo Balangan lewat event ini dapat memicu untuk selalu berprestasi serta dapat meningkatkan animo masyarakat Balangan untuk melestarikan permainan tersebut,"harapnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama