Trending

Dukung Persiapan Akreditasi Tahun 2022, RSUD Balangan Gelar Lomba Code Blue

 

KEGIATAN: RSUD Balangan gelar kegiatan lomba Code Blue - Foto Dok 

BANUATODAY.COM, BALANGAN - Dalam rangka mendukung persiapan akreditasi Rumah Sakit 2022, RSUD Balangan menggelar lomba Code Blue, Jumat (16/9/2022).

Code blue adalah kode isyarat yang digunakan dalam rumah sakit untuk menandakan adanya seorang pasien yang sedang mengalami serangan jantung (cardiac arrest), atau mengalami situasi gagal napas akut (respiratory arrest), dan situasi darurat lainnya menyangkut nyawa pasien

"Kegiatan kali ini merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh rumah sakit yang sudah di awali dari tanggal 5 September 2022. Diikuti seluruh karyawan rumah sakit yang sifatnya wajib dalam rangka mendukung dan persiapan Akreditasi RSUD Balangan versi 2022," ucap drg Sudirman saat wawancara kepada awak media.


Dia menjelaskan tujuan kegiatan ini sekalian untuk menambah wawasan dan pemahaman kepada tenaga medis RSUD Balangan tentang code blue dengan harapan agar mampu menerapkan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di rumah sakit.

"Oleh karena itu rumah sakit melakukan kegiatan sekaligus mendukung untuk menjamin akan keselamatan pasien bila terjadi gagal napas secara mendadak khusus di rumah sakit atau di luar rumah sakit pada umumnya," ungkapnya.

drg Sudirman juga mengaku kegiatan hari ini adalah mereview kembali materi tersebut dengan cara dilombakan yang sudah selesai diberikan pelatihan beberapa waktu lalu. Dan hari ini adalah puncak evaluasi dan secara umum rumah sakit memang harus siap tetapi banyak hal yang perlu dipersiapkan terkait dangan pokja-pokja dan ini hanya bagian kecil dari kegiatan Akreditasinya.

"kegiatan ini namanya Bantuan Hidup Dasar (BHD), yang wajib diikuti dan kegiatan hari ini adalah mereview kembali bahwa dengan cara dilombakan yang selesai hasil pelatihan yang dilakukan evaluasi bagaimana materi Bantuan Hidup Dasar (BHD) apakah nantinya anggota tim mampu menyerap serta memperagakan yang sudah kita lakukan tadi. Akreditasi ini bersifat wajib, "tutupnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama