Trending

Gelar Pelatihan Pendampingan Kolaborasi Riset di Lingkungan Lahan Basah untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru MGMP IPA Kabupaten Barito Kuala

PENDAMPINGAN - Tim Pengabdian kepada Masyarakat Prodi Pendidikan  Fisika FKIP ULM pada kegiatan Pelatihan pendampingan di Barito Kuala

BANUATODAY.COM.Batola - Tim Pengabdian kepada Masyarakat Prodi Pend. Fisika FKIP ULM  memberian Pelatihan Pendampingan Kolaborasi Riset di Lingkungan Lahan Basah untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru MGMP IPA Kabupaten Barito Kuala

Drs. Zainuddin, M.Pd ketua Tim PKM prodi pendidikan Fisika FKIP ULM menjelaskan,Perlunya upaya untuk meningkatkan pemahaman guru MGMP IPA Kabupaten Batola tentang riset baik dari aspek penelitian dan pengembangan maupun aspek lainnya,

"Untuk itulah kami mencoba untuk memberikan pelatihan kepada para guru  tentang pembuatan multimedia interaktif, pelaksanaan penelitian dan pengembangan, serta penulisan artikel ilmiah," jelasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan dan dilaksanakan secara blended learning. Kegiatan pertama dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2022 secara daring via Zoom meeting, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Lulut Widiyanto Putro, S.Pd., MM., Selaku Kabid GTK Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Kuala. 

Kegiatan kedua dilaksanakan secara luring di SMP Negeri 2 Alalak, pada tanggal 16 Juli 2022. Kegiatan ini dibuka oleh Widodo, M.Pd., selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Alalak. 

Kegiatan berikutnya dilaksanakan secara daring via Zoom meeting pada tanggal 22 Juli 2022, 29 Juli 2022, dan 5 Agustus 2022.  Adapun mitra kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ialah MGMP IPA Kabupaten Barito Kuala. Kegiatan ini dihadiri oleh 22 guru MGMP IPA Kabupaten Barito Kuala. Adapun materi yang disampaikan terdiri dari penelitian dan pengembangan, pembuatan bahan ajar berbasis multimedia interaktif di lingkungan lahan basah menggunakan software Articulate Storyline, dan pembuatan artikel ilmiah. 

Kegiatan PkM selain diketuai Drs. Zainuddin, M.Pd juga dibantu oleh Surya Haryandi, M.Pd., Misbah, M.Pd., Andy Azhari, S.Pd., Sulastri Wulan Dari, S.Pd., Misi Jini Riyana, S.Pd., Faisal Rahman  dan tim mahasiswa lainnya. 

"Tim pengabdian kepada masyarakat mengucapkan terima kasih banyak kepada Mujiman Hendri Wijaya, M.Pd. ketua MGMP IPA Kabupaten Barito Kuala,  H. Sukatno, S.Pd. Ketua Bidang Perencanaan dan Pelaksanaan Kegiatan MGMP IPA Kabupaten Barito Kuala, dan seluruh peserta pelatihan. Semoga kegiatan ini membawa manfaat bagi guru MGMP IPA Kabupaten Barito Kuala,"harapnya.(Naz/fsl)


 

Lebih baru Lebih lama