Trending

3.599 Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin Telah Diberangkatkan

 

PELEPASAN -  Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalsel Dr. H. Muhammad Tambrin, M.M.Pd melepas kloter 11. Dok. Kemenag Kalsel.jpg

BANUATODAY.COM, BANJARBARU - Sebanyak 3.599 jemaah haji dan petugas telah diberangkatkan melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin sejak diberangkatkannya Kelompok Terbang (Kloter) BDJ 01 pada 29 Mei 2023 hingga Senin (12/06/23) sore dengan diberangkatkannya Kloter BDJ 11.

Dari 11 Kloter yang telah diberangkatkan, enam kloter diantaranya merupakan Jemaah haji asal Kalimantan Selatan dan lima kloter dari Kalimantan Tengah dengan rincian 55 orang petugas kloter dan dan 3544 jemaah haji.

Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Dr. H. Muhammad Tambrin, M.M.Pd selaku Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin tahun 2023 mengatakan jemaah haji Kloter BDJ 11 yang berasal dari Kabupaten Tanah Laut dan Kota Banjarmasin akan diterbangkan dari Bandara Syamsudin Noor pada 12 Juni 2023 pukul 17.40 Nomor Flight GA 8111. 

“Dan direncanakan mendarat di Jeddah 13 Juni 2023 pukul 1.30 WAS,” katanya.

Jumlah jemaah dan Petugas haji yang diberangkatkan pada Kloter BDJ 11 kata  Tambrin sebanyak 326 jemaah dari rencana 328 karena 4 jemaah Tidak Laik Terbang atas rekomendasi dari dokter.

Mereka adalah, atas nama Ramiyah Anang Fajri, Djjarjiah Sapra Nafiz, Hidayatul Afifah, Jarwan Adul Anang Ujang dan 1 jemaah atas nama Saifuddin Muhammad Yusuf suami dari Hidayatul Afifah menunda keberangkatan menjaga isteri di Rumah sakit. 

“Ada juga 3 mutasi masuk atas nama Marlan Bejo dari Kloter 3 dan Arsiah binti Darun Alfan dari Kloter 7 dan Kursani Yusuf Dusur dari Kloter 10 sudah dinyatakan Laik Terbang,” terangnya.

Lebih lanjut Tambrin mengatakan jemaah haji Kloter BDJ 11 berjumlah 321 dengan 5 Petugas Kloter yang terdiri dari Ketua Kloter atas nama Akhmad Syarwani, Pembimbing Ibadah atas nama Muhammad Wahyudi, Dokter Kloter atas nama dr. Wida Hidayati dan 2 orang paramedis atas nama Desy Bunga Sari dan Ahmad Mawardi, dan Petugas Kloter akan dibantu 3 Petugas Haji Daerah (PHD) atas nama Irhamsyah Syafari, Edy Setyo Utomo dan Abdul Latif.

“Untuk jemaah haji yang termuda di Kloter BDJ 11 atas nama Muhammad Alvin Abdillah umur 18 tahun dan yang tertua atas nama Sarpi Sarkam Silam umur 93 tahun dan keduanya dari Kabupaten Tanah Laut,” lanjutnya.

Disambutannya Tambrin berpesan kepada jemaah haji Kloter BDJ 11 untuk  mengurangi aktivitas yang tidak perlu agar tenaga tidak terkuras, dan menyiapkan tenaga untuk puncak haji atau menyelesaikan Armuzna. 

“Kepada Ketua Rombongan, Regu dan Pembimbing Ibadah agar selalu mengingatkan jemaahnya, untuk mengurangi aktivitas yang kurang perlu,” pintanya.

Tambrin juga berpesan kepada jemaah haji Kloter BDJ 11 agar memperbanyak minum air putih sesuai dengan petunjuk dokter kloter, walaupun tidak haus tetap minum seteguk dua teguk karena pada saat ini suhu di Arab Saudi sangat panas, apalagi pada jam 10 pagi ke atas suhu mencapai 40 derajat celcius.

“Gunakan penutup kepala untuk menghindari paparan cahaya matahari langsung, bisa dengan menggunkan payung bagi jemaah laki-lakiserta selalu memakai alas kaki saat akan pergi ke masjid maupun pulang dan berjalan-jalan,” pesannya.

Kepada Ketua Kloter dan Dokter Kloter Tambrin meminta untuk selalu berkoordinasi dengan ketua rombongan dan regu dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji. 

“Berikan pelayanan yang terbaik kepada jemaah haji utama jemaah yang udzur, lanjut usia (Lansia) dan resiko tinggi (Resti),” pintanya.   

Diakhir sambutannya Tambrin mendo`akan jemaah haji Kloter 11 agar selalu diberikan perlindungan, kesehatan, dan senantiasa mendapatkan keberkahan.

“Selamat jalan dan selamat menunaikan ibadah haji,” tandasnya. (pr/enw)

Lebih baru Lebih lama