Trending

Buruan! Pemerintah Bagi-bagi Rp7 Juta untuk yang Mau Konversi Motor BBM ke Motor Listrik

 

KONVERSI - Setelah mengikuti program pelatihan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN, peserta pelatihan tengah memasang komponen akhir motor konversi. (Dok. PT PLN)

BANUATODAY.COM, JAKARTA - Pemerintah Indonesia akan menggelontorkan dana bantuan sebesar Rp7 juta bagi masyarakat yang mau melaukan konversi motor BBM miliknya menjadi motor listrik.

Hal ini merupakan langkah Pemerintah Indonesia untuk mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Indonesia menargetkan transisi energi dan pengurangan emisi sebesar 31,89% pada 2030 atau 43,2% dengan dukungan internasional.

Saat ini, sektor transportasi masih menjadi pengguna energi terbesar yakni, sebesar 42%.

Dimana sebagian besar berasal dari penggunaan bahan bakar minyak (BBM) impor.

Pada 2020, Indonesia mengimpor bahan bakar sebesar 61 juta barrel minyak atau setara pengeluaran devisa 2,7 Miliar USD atau setara Rp 40 Triliun.

Salah satu upaya untuk menurunkan impor BBM tersebut adalah dengan menggalakkan penggunaan kendaraan listrik.

BACA JUGA : Produk UMKM Bhayangkari Polres Balangan Hiasi HUT Bhayangkara ke-77

Melalui percepatan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), diharapkan bisa mempercepat peralihan kendaraan BBM ke kendaraan listrik.

Baik dengan membeli kendaraan baru atau melakukan konversi kendaraan BBM ke listrik.

Program konversi kendaraan BBM ke listrik tersebut diharapkan dapat mengurangi emisi karbon.

Selain itu, program tersebut juga bisa meningkatkan ketahanan energi nasional karena dapat mengurangi ketergantungan pada BBM impor.

Salah satu upaya menggalakkan program tersebut dilakukan pemerintah melalui pemberian dana bantuan Rp7 juta kepada masyarakat yang melakukan konversi sepeda motor BBM menjadi motor listrik.

Dikutip dari ebtke.esdm.go.id, bantuan tersebut akan disalurkan melalui bengkel konversi kepada masyarakat yang telah melakukan konversi sepeda motornya untuk mengurangi total biaya konversi.

Bantuan tersebut berlaku untuk setiap satu sepeda motor dan bebas pajak.

Alokasi bantuan pemerintah untuk konversi motor listrik ditahun 2023 ditujukan untuk 50.000 unit motor dan 150.000 unit ditahun 2024.

Bagi masyarakat yang berminat mengikuti program tersebut, silakan mendaftar di laman https://ebtke.esdm.go.id/konversi/. (pr/win)

Lebih baru Lebih lama