Trending

Enjoy Kegiatan Outdoor Bersama Keluarga Mengisi Libur Panjang

 

01062023 - BANUATODAY.COM - Ilustrasi liburan di daerah perkebunan. Pixabay.jpg
ILUSTRASI liburan di daerah perkebunan. (Pixabay)

BANUATODAY.COM - Sudah tahu apa yang akan dilakukan di masa liburan panjang ini? Kalau tidak bisa bepergian jauh tetapi juga bosan di rumah, Anda bisa ajak seluruh anggota keluarga melakukan aktivitas outdoor.

Aktivitas outdoor memiliki banyak manfaat antara lain menghilangkan stres karena pemandangan yang serba hijau membuat pikiran lebih segar, menciptakan bonding dengan seluruh anggota keluarga.

Aktivitas ini juga cocok bagi yang memiliki anak kecil karena akan melatih saraf-saraf motorik mereka. Ini sejumlah pilihan aktivitas outdoor yang seru.

1. Bersepeda

Sepeda merupakan hobi yang banyak digandrungi orang kota. Tidak ada salahnya Anda memperkenalkan hobi ini pada anak-anak.

Tidak perlu mencari jalur yang jauh atau sulit. Di sekitar kompleks rumah pun sudah cukup. Bisa juga ajak bersepeda di sekitar Monas, sepanjang jalur Sudirman saat Car Free Day.

2. Hiking

Ingin melatih semua anggota keluarga mencintai alam, ajaklah mereka hiking di sekitar kota Anda. 

Jangan lupa gunakan sepatu yang nyaman dan solnya tidak licin. Bawa bekal dan air minum yang cukup. Bila membawa anak kecil jangan lupa bawa baju ganti.

3. Berkemah

Salah satu aktivitas outdoor yang menyenangkan adalah berkemah. Ada banyak tempat kemah atau camping ground yang murah meriah, apalagi sekarang banyak tempat wisata di sekitaran kota yang menawarkan fasilitas kemah. 

Bila tidak mau repot dan ingin lebih nyaman, bisa juga memilih berkemah dengan konsep glamping. Fasilitas nyaman tetapi tetap dekat dengan alam.

4. Olahraga Bulutangkis

Olah raga yang satu ini cocok untuk dimainkan bersama anggota keluarga. Bila Anda memiliki halaman yang cukup luas, bisa bermain di halaman.

Alternatif lain, Anda bisa menyewa lapangan bulutangkis dengan hitungan per jam.

5. Piknik di Taman

Saat ini sudah banyak taman kota yang disediakan pemda setempat bagi warganya. Anda bisa piknik di taman.

Bawa bekal makanan dan minuman yang cukup. Bisa juga membeli jajan di daerah sekitar taman. Yang penting ajarkan anak Anda untuk tidak membuang sampah sembarangan.

6. Jalan-jalan ke kebun 

Wisata kebun bisa sangat menyenangkan mengenalkan anak pada jenis tanaman.

Biasanya di tempat seperti ini juga disediakan restoran atau tempat bersantai sambil menikmati pemandangan alam terbuka.

7. Desa Wisata

Hidup di kota besar membuat anak-anak sering tidak dekat dengan alam. Mereka bahkan tidak tahu seperti apa wujud ayam, sapi, atau pun sawah.

Ajak mereka untuk menikmati aktivitas outdoor sekaligus belajar di desa wisata.

Di sini mereka akan belajar kehidupan masyarakat desa selama beberapa hari seperti memberi makan ternak, membajak sawah, menanam sayur dan ikut memanennya. (net/win)

Lebih baru Lebih lama