Trending

PPIH Embarkasi Banjarmasin Berikan Layanan Khusus untuk Lansia dan Disabilitas

 

KHUSUS - Petugas PPIH Embarkasi Banjarmasin membeikan pelayanan khusus kepada jemaah lansia dan disabilitas. Dok Kemenag.jpg

BANUATODAY.COM, BANJARBARU - Sesuai dengan tagline Haji Ramah Lansia pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1444 H/ 2023 M, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin memberikan layanan khusus bagi Jemaah haji lansia/resiko tinggi (Risti)/ disabilitas.

Sejak kedatangan di asrama haji Embarkasi Banjarmasin, para Jemaah haji yang tergolong lansia akan dilayani petugas khusus dan mendapatkan pelayanan lebih awal dan tidak diikutsertakan dalam kegiatan seremonial seperti yang terlihat Selasa (06/06/23) pagi  saat proses penerimaan dan pendaftaran jemaah haji Kloter BDJ 07.

Saat kedatangan, Jemaah haji lansia/Risti/ disabilitas dijemput petugas di samping bus dan langsung diantar ke aula Makkah untuk mendapatkan layanan pemeriksaan Kesehatan dari tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas II Banjarmasin.

Setelah pemeriksaan Kesehatan, jemaah haji lansia, risti (risiko tinggi), dan disabilitas langsung diantarkan ke kamar penginapamasing-masing untuk beristirahat dibantu para petugas dengan layanan mobil khusus dari pihak UPT Asrama Haji.

Dokumen dan semua yang menjadi hak Jemaah haji seperti paspor, living cost, dan kartu identitas diantarkan petugas langsung ke kamar Jemaah haji lansia/Risti/ disabilitas, termasuk untuk konsumsi.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Dr. H. Muhammad Tambrin, M.MPd selaku Ketua PPIH Embarkasi Banjarmasin menyatakan pihaknya selalu mengupayakan layanan maksimal bagi Jemaah haji, khususnya Jemaah lansia dan disabilitas.

“Kami juga telah melakukan pengawasan dan evaluasi untuk terus meningkatkan layanan bagi Jemaah haji, khususnya lansia dan disabilitas,” tegasnya.

Saat ini PPIH Embarkasi Banjarmasin sedang melakukan proses penerimaan  untuk pemberangkatan Jemaah haji kloter BDJ 07 yang berasal dari Barito Utara, Pulang Pisau, Murung Raya, Kapuas, Seruyan, Gunung Mas, Barito Selatan dan Kota Banjarmasin.

Dijadualkan, Jemaah haji kloter gabungan antara Jemaah haji Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan ini diberangkatkan Rabu (7/6/2023) pagi. (p/enw)

Lebih baru Lebih lama