Trending

DPRD Kalsel Pelajari Penanganan Kawasan Kumuh ke DKI Jakarta

29072023 - BANUATODAY.COM - Komisi III DPRD Kalsel melakukan kunjungan kerja ke Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta. Humas.jpg
KUNKER - Komisi III DPRD Kalsel melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta. (DPRD Kalsel) 

BANUATODAY.COM, JAKARTA - Penanganan kawasan kumuh di Banua menjadi fokus perhatian Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Selatan.

Untuk menangani kawasan kumuh di Kalsel, Komisi III secara khusus melakukan studi banding ke Pemprov DKI Jakarta.

Komisi III mempelajari penanganan kawasan kumuh ke Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta pada Jumat (28/07/2023).

Sekretaris Komisi III DPRD Kalsel H Gusti Abidinsyah, S.Sos, MM. menjelaskan di Kalsel sendiri terdapat kurang lebih berjumlah 2000 lebih yang perlu di rehab atau di bantu.

“Sampai sekarang sejak kepemimpinan Paman Birin sudah kurang lebih 300 rumah sudah dibantu. Jadi masih 1.700 yang belum terealisasi, maka dari itu kami berharap anggaran di Perkim ini ditambah lagi,” ucap H Gusti Abidinsyah, S.Sos, MM.

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta Ini sendiri untuk mengatasi permasalahan ini menggunakan Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan – perusahaan. Dalam hal ini kita bisa mengikuti untuk di Kalsel minimal ada peraturan Gubernur atau peraturan Daerah karena CSR ini sangat berpotensi untuk membantu masyarakat yang tidak mampu, apalagi ditempat kita banyak pengusaha, basnas dan lain-lain nya sehingga bisa diikut sertakan disana.

Di Kalsel sendiri menurutnya pendanaan untuk itu hanya mengandalkan dari APBD saja sehingga anggaran daerah sangat terbebani.

“Kami mendorong visi misi pak Gubernur Kalsel ini tentang rehab rumah ini bisa terlaksana semuanya di tahun 2024, kita akan mendorong mudah – mudahan anggaran perkim ini bisa ditambah,” ujarnya. 

Tanggung jawab Perkim harus jadi perhatian karena bagaimanapun juga ini adalah suatu dinas yang menangani khusus masalah – masalah rakyat tidak mampu.

“Kami berharap juga perkim ini di beri kewenangan atau peraturan mainnya bagaimana supaya perkim ini bisa bekerja dengan optimal,” tambahnya lagi.

Sekdis Perkim Provinsi Kalsel Agus Nugroho mengatakan bahwa realisasi tergantung dengan anggaran dan kemampuan daerah, menurutnya DKI Jakarta lebih dari Kalsel.

“Kita sekarang menginginkan, bagaimana dengan kemampuan yang terbatas ini bisa menerapkan itu di Kalsel, mudah -mudahan ini bisa terealisasi kedepannya,” ujar Agus Nugroho.

Kunker ini disambut oleh Kabit Perkim Prov. DKi Jakarta Retno Sulistiyaningrum dirinya sangat mendukung program-program yang dilaksanakan di Provinsi Kalsel

“Saya rasa ini sangat bermanfaat, menularkan pengetahuan atau horizontal learning jadi apa yang kami sudah lakukan, mudah – mudahan juga bisa diuji coba didaerah lain termasuk Kalsel,” tutupnya. (par/enw)

Lebih baru Lebih lama