Trending

India Tawarkan Kerjasama Ekonomi ke Kadin Kalsel

KERJASAMA - Konsul Jendral India Neeharika Singh saat berkunjung ke  ke Kadin Kalsel yang diterima langsung Ketua umum Kadin Kalsel Shinta Laksmi Dewi.

 

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Peluang kerjasama ekonomi dibuka India untuk pengusaha Indonesia, salah satunya untuk pengusaha di Kalimantan Selatan.

Hal tersebut diungkapkan Konsul Jendral India Neeharika Singh saat berkunjung ke  ke Kadin Kalsel yang diterima langsung Ketua umum Kadin Kalsel Shinta Laksmi Dewi, Selasa (18/07).

Dijelaskan Dewi panggilan akrab Shinta Laksmi Dewi, kedatangan konsim jendral India ini untuk membuka peluang kerjasama antara Pengusaha Kalsel dan India dalam bidang ekonomi,  perdagangan, teknologi pertanian dan energy terbarukan.

"Ini adalah peluang dan kesempatan emas bagi pengusaha di Kalsel, karena kita ketahui India merupakan salah satu negara yang sangat terdepan dalam teknologi," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, India juga akan mengadakan bisnis maching dengan Indonesia termasuk pengusaha Kalsel yang rencananya akan digelar tahun depan.

"Disini mereka akan mencocokan data apa saja yang bisa dikerjasamakan, baik bidang ekonomi maupun bidang lain termasuk memberikan beasiswa untuk  mahasiswa Indonesia untuk belajar ke India," tambahnya.

Dewi berharap, dari hasil pertemuan awal  ini bisa terjalin kerjasama Kalsel dengan India, baik yang bersifat investasi maupun  mutual agreement terkait  hal-hal yang  dibutuhkan Kalimantan Selatan seperti   teknologi pertanian pasca panen, transformasi teknologi mesin industri yg mendukung hilirisasi dan pertumbuhan Industri di Kalimantan Selatan, kerjasama energi listrik yang terbarukan,  human resource development melalui kerjasama pelatihan tenaga kerja,  dan mendorong kerjasama perdagangan bilateral untuk produk UMKM Kalsel. (naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama