Trending

Konjen India Kunjungi Pemprov Kalsel, Jajaki Kerjasama Pengadaan Baterai dan Kendaraan Listrik

 

18072023 - BANUATODAY.COM - Konjen India, Neeharika Singh, bertukar cenderamata dengan Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar. Pemprov Kalsel.png
CENDERAMATA - Konjen India, Neeharika Singh, bertukar cenderamata dengan Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar. (Pemprov Kalsel)

BANUATODAY.COM, BANJARBARU - Konsulat Jenderal (Konjen) India, Neeharika Singh dan rombongan disambut dengan hangat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar, mewakili Gubernur H Sahbirin Noor, Senin (17/07/2023).

Konjen Indonesia ke Kalimantan Selatan dalam rangka melakukan kunjungan kerja. 

Pertemuan ini berlangsung di ruang rapat Sekretaris Daerah Perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru.

Pertemuan Konjen India dan Pemprov Kalsel ini bertujuan untuk memperkuat silaturahmi serta meningkatkan kerja sama yang baik, terutama antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Pemerintah India.

Diketahui, sejak konsulat dibuka pada tahun 2012, Konjen India untuk Bali telah aktif dan memiliki tanggung jawab yurisdiksi di berbagai Provinsi, termasuk Provinsi Kalimantan Selatan.

Pemerintah India melalui Konsulat Jenderal ini melihat adanya peluang besar untuk mengembangkan kerja sama dengan Provinsi Kalsel. 

India menawarkan berbagai hal kepada provinsi ini, terutama dalam sektor pendidikan dan sektor ekonomi, khususnya perdagangan batubara dan sawit, yang merupakan komoditas terbesar yang diekspor ke India.

Selain itu, Kalimantan Selatan sedang dalam tahap pembangunan pabrik nikel yang berlokasi di Batulicin, dan diharapkan akan beroperasi pada tahun 2024 mendatang.

Sekretaris Daerah Roy Rizali Anwar menyampaikan, mengingat India merupakan salah satu produsen kendaraan listrik terbesar di dunia, Kalimantan Selatan dapat menjadi penyedia baterai sementara India menyediakan teknologi kendaraan yang diperlukan.

"Dengan demikian, nantinya kerja sama dalam bidang baterai akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak," kata Sekdaprov.

Pertemuan diakhiri dengan pertukaran cendera mata. 

Konjen India, Neeharika Singh, dengan penuh keramahan memberikan kenang-kenangan kepada Sekdaorov Kalimantan Selatan sebagai tanda apresiasi atas kerjasama yang akan terjalin. (adp/win)

Lebih baru Lebih lama