Trending

Lebih 4.000 Jemaah Haji Asal Embarkasi Banjarmasin Telah Kembali

28072023 - BANUATODAY.COM - Jemaah haji tiba di Debarkasi Banjarmasin. Kemenag Kalsel.jpg
TIBA - Jemaah haji tiba di Debarkasi Banjarmasin. (Kemenag Kalsel)

BANUATODAY.COM, BANJARBARU - Hingga kedatangan Kloter 13 hari ini, Kamis, 27 Juli 2023 jumlah total jemaah haji dan petugas yang yang sudah tiba di Tanah Air Kalimantan Selatan berjumlah 4.241 orang.

“Masih ada 5 Kloter yang belum kembali, yakni Kloter 14 sd 18 yang semuanya saat ini masih berada di Madinah menyelesaikan ibadah Arbain,” katan Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Dr. H. Muhammad Tambrin, M.M.Pd saat menerima secara resmi kedatangan jemaah haji Kloter 13 di Asrama Haji Debarkasi Banjarmasin.

Tambrin mengungkapkan, sebelumnya jumlah jama`ah dan petugas haji yang berangkat melalui Embarkasi Banjarmasin sebanyak 5.708 orang, yang terdiri dari 5.619 orang jama`ah haji dan 89 orang petugas kloter, dengan rincian jama`ah haji Kalsel  3.928 orang dan Kalteng 1.691 orang.

“Jadi sisa 1.467 jemaah haji kita yang belum kembali ketanah air dikurang 18 orang jemaah yang meninggal di Arab Saudi sehingga jadi 1.449 yang masih berada di Madinah, dijadualkan pemulangan akhir nanti pada tanggal 3 Agustus 2023,” katanya.

Kepada seluruh jemaah haji yang telah berada ditanah air Tambrin mengimbau agar selalu membangun komunikasi dengan Tim Kesehatan di Debarkasi dan daerah ketika ada keluhan dan gangguan kesehatan pasca kepulangan.

“Terpenting juga, jemaah haji agar senantiasa menjaga dan melestarikan kemabruran hajinya, Imam Hasan Al - Bashri, seorang ulama besar menekankan bahwa haji yang mabrur selain perubahan perilaku ke arah yang lebih baik juga mampu menjadi panutan di lingkungan masyarakatnya. ,” pungkasnya. (pr/win)


Lebih baru Lebih lama