Trending

“SiBakul Jelajah Nusantara” Cara DISKOPUKM DIY Mengenalkan UMKM Yogyakarta Kepada Masyarakat Indonesia

BUKA - Gusti Kanjeng Ratu Hemas membuka acara pameran UMKM bertajuk 'SiBakul Jelajah Nusantara' di Atrium Duta Mall Banjarmasin.


BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Salah satu keuntungan utama dari pameran UMKM adalah meningkatkan kesadaran dan pengakuan terhadap produk-produk lokal. Banyak UMKM memiliki kualitas dan keunikan yang luar biasa, namun seringkali kesulitan mendapatkan perhatian di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Melalui pameran, UMKM dapat mengekspos produk mereka secara langsung kepada konsumen, media, dan pemangku kepentingan lainnya. Ini memberikan peluang untuk menarik dan meningkatkan popularitas produk lokal.

“SiBakul Jelajah Nusantara” adalah  program yang diinisiasi oleh DISKOPUKM Daerah Istimewa Yogyakarta guna mempromosikan UMKM Jogja keseluruh nusantara. Pada kesempatan kali ini, SiBakul Jelajah Nusantara menyambangi kota Banjarmasin tepatnya di Duta Mall Banjarmasin untuk memperkenalkan produk-produk UMKM dari Yogyakarta kepada warga masyarakat Banjarmasin. Acara ini diselenggarakan pada 21-23 Juli 2023 dan diisi oleh berbagai agenda kegiatan dimulai dari lomba fashion show, lomba mewarnai, membatik bersama, dan lain sebagainya.

Kepala Dinas DISKOPUKM Daerah Istimewa Yogyakarta, Ir. Srie Nurkyatsiwi mengungkapkan kegiatan ini tentunya dalam rangka menaikkan para UMKM untuk naik kelas.

"Kegiatan ini dalam rangka untuk menaik kelaskan UMKM. Inilah sebetulnya strategi dari pemerintah daerah, bukti nyata pemerintah berkomitmen untuk terus meningkatkan dari segi kapasistas ataupun kompetensinya" ungkapnya.

SiBakul adalah sebuah inovasi yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UKM D.I Yogyakarta untuk mendata, membina, hingga memasarkan produk UMKM.

"Inovasi ini dinamakan Cara Jitu Usaha Tangguh dengan Sistem Pembinaan Koperasi dan Pelaku Usaha atau disingkat Rajutan Sibakul Jogja. Terdapat enam aspek tata kelola bisnis dalam system SiBakul. Keenam aspek tersebut yakni produksi, sumber daya manusia (SDM), kelembagaan, keuangan, pemasaran, dan teknologi informasi." tambahnya.

Dalam kesimpulannya, pameran UMKM adalah cara yang penting dalam mendukung dan mempromosikan pengusaha local. Melalui pameran, UMKM dapat meningkatkan visibilitas, memperkuat ekonomi lokal, dan memberikan inspirasi bagi generasi muda. Penting bagi pemerintah, masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya untuk terus mendukung dan memperluas pameran UMKM guna menciptakan ekosistem bisnis yang berkelanjutan dan inklusif. Dengan demikian, kita dapat memperkuat ekonomi lokal, mendorong kreativitas, dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. (naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama