Trending

Supermoon Akan Terlihat di Seluruh Dunia, di Indonesia Sekitar Pukul 17.40 WIB

03072023 -BANUATODAY.COM - Ilustrasi supermoon - Pixabay.jpg
Ilustrasi supermoon (Pixabay)

BANUATODAY.COM - Lihatlah malam ini! Full Buck SUPERMOON akan menerangi langit di seluruh dunia (dan Anda bahkan mungkin dapat melihat Mars dan Venus) - cara melihatnya

Penggemar astronomi akan disuguhi saat supermoon pertama tahun 2023 diatur untuk menerangi langit di seluruh dunia malam ini, dilansir Daily Mail.

Apa yang disebut 'Buck Moon' diperkirakan akan bersinar sekitar pukul 22.24 GMT (13.43 EDT) malam ini sebelum mencapai fase penuhnya besok pagi di awal yang luar biasa di bulan Juli.

Mars dan Venus juga dapat terlihat setelah kegelapan menyelimuti tepat setelah pukul 22:40 GMT di ufuk barat Inggris, dan pada pukul 01:45 EDT di AS, menurut Stellarium.

Tontonan akan berlangsung saat Bulan mencapai fase penuhnya, yang terjadi setiap 29,5 hari.

Tapi karena ini adalah supermoon, satelit bulan kita akan terlihat 5,8 persen lebih besar dan bersinar 12,8 persen lebih terang dari bulan purnama biasa, klaim Starwalk.

Fenomena supermoon pertama 2023 ini, untuk wilayah Indonesia akan terlihat sekitar pukul 17.40 WIB, Senin (3/7).

Dilansir Live Science, bulan ini disebut supermoon karena berada lebih dekat dengan bumi daripada biasanya. 

Para pengamat juga menyatakan selama fenomena berlangsung, bulan juga akan berada di posisi yang lebih rendah daripada waktu lainnya.

Pada waktu itu, bumi akan sepenuhnya diterangi oleh matahari dan terlihat paling baik ketika bulan akan terbit pada malam sebelumnya. (net/win)

Lebih baru Lebih lama