Trending

9 Madrasah Resmi Mendapatkan Izin Operasional dari Kanwil Kemenag Kalsel

 

24082023 - BANUATODAY.COM - Kakanwil Kemenag Kalsel, Dr HM Tambrin menyerahkan SK operasional madrasah. Kemenag Kalsel.jpg
SK - Kakanwil Kemenag Kalsel, Dr HM Tambrin menyerahkan SK operasional madrasah. (Kemenag Kalsel)

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Dr. H. Muhammad Tambrin, M. M. Pd menyerahkan Surat Keputusan (SK) Izin Operasional dan Piagam Pendirian Madrasah Tahun 2023 kepada sembilan lembaga pendidikan di bawah naungan Kemenag Kalsel, Rabu (23/08/23) di aula Kanwil Kemenag Kalsel.

Adapun sembilan lembaga tersebut terdiri dari dua Raudathul Atfal (RA) yang berada di Kabupaten Tanah Laut dan Balangan, empat Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang berada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Tanah Laut, Banjar dan Kotabaru, satu Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang berada di Kabupaten Barito Kuala, dan dua Madrasah Aliyah (MA) yang berada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. 

Tambrin mengatakan, untuk mendapatkan izin operasional harus dilakukan secara bertahap melalui prosedur yang berlaku. 

Setelah memiliki izin operasional maka lembaga pendidikan tersebut secara resmi telah terdaftar di Education Management Information System (EMIS), dan terdaftar untuk mendapatkan fasilitas dari Kemenag. “Terutama untuk dana bos,” katanya.

Dengan diterimanya SK izin operasional dan piagam pendirian lanjut Tambrin, diharapkan dapat membantu membangun kepercayaan masyarakat terhadap madrasah baru atau yang telah mendapatkan izin baru. 

“Apalagi di Kalsel madrasah merupakan pilihan utama bagi orang tua untuk tempat pendidikan anak-anak mereka. Dan semakin berkualitas lembaga pendidikan tersebut semakin menjadi pilihan bagi orang tua,” katanya. 

Lebih lanjut Tambrin mengatakan madrasah itu berbeda dengan sekolah umum, karena pembelajaran di madrasah mengandung nilai tarbiyah, dakwah dan pemberdayaan masyarakat untuk mencerdaskan anak didik. 

“Namun misi utamanya adalah untuk mendidik anak-anak menjadi anak yang cerdas, dan berakhlakul karimah,” katanya.

Bagi yayasan yang sudah mendapat SK izin operasional Tambrin berharap agar dapat memaksimalkan kepercayaan Kemenag untuk mengelola pendidikan yang lebih maju, berkualitas dan mandiri. 

"Dan berkomitmen untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah, serta menjalankan proses pembelajaran dengan penuh dedikasi," harapnya.

Tambrin mengajak untuk menjadikan momen tersebut sebagai awal yang baik, sebagai pemicu semangat untuk terus berinovasi, dan sebagai panggilan untuk bekerja keras demi pendidikan yang lebih baik. 

"Semoga madrasah senantiasa menjadi tempat yang nyaman, penuh kasih sayang, dan penuh dengan prestasi yang membanggakan," tandasnya di kegiatan yang dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Madrasah beserta para Ketua Tim Kerja dan para JFT Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kalsel. (pr/niz)

Lebih baru Lebih lama