Trending

Dorong Mahasiswa Menguasai Berbagai Keilmuan, UIN Antasari Laksanakan Program MBKM

PROGRAM - Para Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin sedang berdiskusi dengan Dosen masing - masing Fakultas terkait program MBKM.

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan untuk bekal di dunia kerja. Untuk itulah UIN Antasari menggelar program MBKM untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai bidang keilmuan.

Berdasarkan Permendikbud No 3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat 1 dapat dilakukan di dalam Program Studi dan di luar Program Studi meliputi: 1) pertukaran mahasiswa, 2) magang praktik kerja, 3) asistensi mengajar di satuan pendidik, 4) penelitian/riset, 5) proyek kemanusiaan, 6) kegiatan wirausaha, 7)  studi /proyek independen, dan 8) membangun desa/KKN.
 
Muhdi Kordinator Manajemen Kurikulum dan Integrasi Ilmu LPM UIN Antasari Banjarmasin mengatakan, MBKM ini adalah sebuah program dari pemerintah yang memberikan kebebasan kepada mahasiswa itu dalam rangka belajar.

"MBKM itu sendiri adalah Merdeka Belajar - Kampus Merdeka jadi ada delapan bentuk sebenarnya cuman di tempat kita ini (UIN Antasari Banjarmasin) hanya satu yang kita laksanakan saat ini yaitu pertukaran mahasiswa," ujarnya disela kegiatan MBKM, Selasa (29/08/2023).

Dijelaskannya, pertukaran mahasiswa ini masih dalam ruang lingkup internal, antar prodi disatu fakultas ke fakultas yang lain atau prodi-prodi yang berada di fakultas itu sendiri.

"Tentu hal ini bertujuan kepada mahasiswa, bagaimana mereka berinteraksi dengan mahasiswa lainnya yang diluar prodinya, itu yang pertama. Yang kedua bertujuan agar mereka mendapatkan penambahan wawasan bahkan penambahan ilmu pengetahuan, karena mata kuliah yang di MBKM kan itu ada mata kuliah yang beririsan. Beririsan itu artinya dia itu beda nama mata kuliahnya tetapi masih berkaitan," sambungnya.

Diakuinya, UIN Antasari Banjarmasin dibawah Kementerian Agama, memang masih baru menjalankan Program MBKM ini.

"Insyaallah nanti di semester genap kita akan jauh melangkah lagi, yaitu MBKM pertukaran mahasiswa eksternal," pungkasnya (naz/fsl)
Lebih baru Lebih lama