Trending

DPRD dan Pemrov Kalsel Dorong Pembenahan Asrama Mahasiswa Demang Lehman

 

23082023 - BANUATODAY.COM - Komisi I DPRD Provinsi Kalsel meninjau asrama mahasiswa Demang Lehman di Bandung, Jawa Barat. DRPD Kalsel.jpg
ASRAMA - Komisi I DPRD Provinsi Kalsel meninjau asrama mahasiswa Demang Lehman di Bandung, Jawa Barat. (DPRD Kalsel)

BANUATODAY.COM, BANDUNG - Pembenahan asrama-asrama Mahasiswa Kalimantan Selatan (Kalsel) di berbagai wilayah terus digenjot oleh Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel guna berikan semangat untuk mahasiswa kalsel yang sedang menimba ilmu.

AMKS tersebar di beberapa kota besar di Jawa dan Sulawesi, di antaranya Syekh Muhammad Arsyad Al Banjary Jakarta, Lambung Mangkurat Bogor, Demang Lehman Bandung, Lambung Mangkurat Yogyakarta, Pangerah Hidayatullah Yogyakarta, Pangeran Suriansyah Yogyakarta, Pangeran Antasari Yogyakarta, Brigjen H. Hasan Basry Semarang, Pangeran Antasari Surabaya, Hasanuddin HM Surabaya, Pangeran Hidayatullah Malang, Mandastana Malang, DR. KH. Idham Khalid Makassar.

Pada Senin (21/08) pagi, Rombongan Komisi I didampingi Biro Umum Sekeretariat Daerah (Setda) Provinsi Kalsel tinjau kembali Asrama Mahasiswa Kalimantan Selatan (AMKS) “Demang Lehman” di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Dipimpin Dra. Hj. Rachmah Norlias, beliau mengatakan asrama ini sudah cukup bagus dan tinggal pembenahan-pembenahan kecil. 

“Pada prinsipnya asaramanya cukup bagus, ada beberapa catatan sedikit kadena ada banyak aset asrama yang sudah tidak layak, untuk segera dihapuskan,” ucap Ibu Amah sapaan akrab beliau.

Politisi Partai PAN itu menambahkan agar mahasiswa yang menghuni asrama untuk mendokumentasikan aset tidak layak agar segera di ganti. 

“Kita harapkan untuk mahasiwa disini untuk memfoto dan mencatat barang-barang yang tidak bisa dimanfaatkan lagi agar diusulkan penghapusan ke Biro Umum,” tambah nya.

Di samping itu, kedepannya Komisi I juga mengusulkan agar disetiap Asrama Kalsel ada Sekretariat Kerukunan Keluarga Banjar (KKB) Sedunia. 

“Nantinya akan kita tuangkan di Pergub untuk diberikan satu ruangan untuk Sekretariat di semua Asrama di daerah lain,” pungkas nya.

Pihak Biro Umum Setda Provinsi Kalsel melalui Kepala Sub Bagian (Kasubag) Perlengkapan Dan Aset H. Israhman. S.T. juga sampaikan permintaan dari mahasiswa asrama sudah di akomodir dan segera direalisasikan. 

“Terkait apa saja yang dibenahi sesuai permintaan, kita akan melakukan perbaikan ringan sesuai dengan Pergub bahwa kewenangan Biro Umum seperti pengecatan, penggantian atap atau plafon kalau ada kebocoran dan sebagainya, itu sudah dianggarkan di Tahun 2023,” tuturnya.

Tak lupa, peremajaan Meja dan Kursi belajar disetiap kamar juga di usulkan. 

“Beberapa bulan lalu konsultan juga sudah survey ke asrama dan menentukan spot mana saja yang harus diperbaiki. Kemudian terkait dengan permintaan tadinya akan sarana perasaan itu memang juga udah dianggarkan di anggaran perubahan hasil dari rapat Banggar kemarin sudah disetujui jadi Insyaallah dalam beberapa bulan ini setelah itu disahkan akan segera kami kerjakan,” ujar Israhman. (par/win)

Lebih baru Lebih lama