Trending

Gebyar Kesenian dan Kebudayaan Jawa Meriahkan HUT Kemerdekaan RI di Kota Banjarbaru

Gebyar Kesenian dan Kebudayaan Jawa Meriahkan HUT Kemerdekaan RI di Kota Banjarbaru
 Gebyar Kesenian dan Kebudayaan Jawa Meriahkan HUT Kemerdekaan RI di Kota Banjarbaru (Istimewa)

BANUATODAY.COM, BANJARBARU – Wali Kota Banjarbaru, H. M. Aditya Mufti Ariffin membuka secara langsung Gebyar Kesenian dan Kebudayaan Jawa, dalam rangka HUT ke – 78 RI, dan HUT HPSK (Himpunan Pecinta Seni Kuda Lumping) jajaran se-Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar, di Lapangan Luar Paving Blok GOR Rudy Resnawan, Sabtu Sore (18/08/2023).

Suami dari Vivi Zubedi ini saat membuka Gebyar kesenian berharap, kebudayaan sebagai jati diri bangsa dan jati diri daerah, bisa terus terjaga dan terus lestari.

“Semangat 45 dan semangat pahlawan untuk menjaga kemerdekaan Indonesia ini termasuk menjaga budaya juga,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini ada 78 paguyuban yang terdata di Kota Banjarbaru.

“Di Kota Banjarbaru ini sangat banyak kebudayaan, sangat banyak berbagai kesenian dari berbagai daerah, ini menandakan Kota Banjarbaru adalah cermin dari Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua HPSK, Agus Winarno, menjelaskan, bahwa kegiatan ini untuk memperkenalkan budaya jawa di Banjarbaru.

“Budaya-budaya jawa seluruhnya kita tampilkan, ada tabur bunga sebagai simbolis dan itu ada makna tersendiri bagi kami,” ungkap Agus, selaku Ketua Pelaksana itu.

Diinformasikan, kegiatan dari rangkaian seni akan berakhir pada tanggal 20 Agustus dengan menyatukan seluruh kebudayaan Jawa. (pem/win)


Lebih baru Lebih lama