Trending

Hindari Perkelahian, Kapolres Balangan Himbau Warga Lebih Utamakan Mediasi

KONFERENSI PERS: Kapolres Balangan menyampaikan pres release - Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN - Agar hal serupa tidak terulang kembali seperti kasus AB tersangka penganiayaan berat di Desa Pematang, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan yang mengakibatkan korbannya Y tewas beberapa waktu lalu. 

Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin menghimbau kepada semua warga untuk tidak melakukan aksi main hakim sendiri dalam menyelesaikan suatu masalah karena dapat merugikan diri sendiri maupun masyarakat. 


"Terkait permasalahan perselisihan yang terjadi dilingkungan masyarakat, tentu sebagai anggota polri kami menghimbau kepada warga, semua permasalahan itu bisa dibicarakan baik-baik untuk dicarikan solusi, tidak perlu ada perselisihan hingga berbuntut aksi perkelahian dan main hakim sendiri," ucap Kapolres, Rabu (23/8/2023)


Kapolres juga mengatakan, semua warga bisa menjaga kedamaian dengan cara mediasi di kantor desa setempat.

"Dengan mengundang beberapa pihak seperti, Bhabinkamtibmas, Babinsa serta tokoh masyarakat setempat untuk mediasi. Kami menyarankan seperti itu ucap Riza. 

Dia juga menambahkan, untuk di tingkat kecamatan, mediasi bisa saja dengan mengundang pihak seperti polsek dan koramil serta beberapa pihak kecamatan sebagai Tripika. Silahkan sampaikan permasalahan selagi masih bisa agar jangan sampai terjadi aksi main hakim sendiri.

"Dengan cara aksi main hakim sendiri, banyak warga yang di rugikan, marilah bersama sama kita menjaga keharmonisan dalam bermasyarakat," tukasnya.(vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama