Trending

Karhutla Berkobar di Sejumlah Titik di Kabupaten Banjar, Water Boombing Dikerahkan di Gunung Pamaton

20082023 - BANUATODAY.COM - Pemdaman kebakaran lahan oleh tim gabungan Kabpuaten Banjar. Info Publik.jpeg
GABUNGAN - Pemadaman kebakaran lahan oleh tim gabungan Kabpuaten Banjar. (Info Publik)

BANUATODAY.COM, MARTAPURA - Tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, hari ini Sabtu (19/8/2023) lakukan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di empat Desa. 

Karhutla hampir bersamaan waktunya terjadi di Desa Tajau Landung Kecamatan Sungai Tabuk, Indrasari Kecamatan Martapura, Jingah Habang dan Gunung Pamaton Mandiangin Kecamatan Karang Intan. 

Di 4 lokasi titik api, tim gabungan yang terdiri dari  BPBD, TNI, EBR, RAPI, DPKP dan sejumlah BPK swasta  tersebut lakukan penanganan pemadaman dengan peralatan yang disiapkan memakan waktu sekitar 1 hingga 2 jam. 

Karhutla di 4 lokasi tersebut membakar semak belukar, bindrang hingga pepohonan dengan luasan masing-masing, di Desa Tajau Landung sekitar 2,5 hektare, Indrasari 2 hektare, Jingah Habang 1 hektare dan Gunung Pamaton Mandiangin 0,5 hektare. 

"Untuk di Gunung Pamaton, penanganan juga dilakukan melalui jalur udara Helikopter Water Boombing, sehingga dapat meminimalisir luasan kebakaran," ucap Kepala Pelaksana BPBD Banjar Warsita. 

Karhutla juga sempat berkobar di Desa Kayu Bawang, kecamatan Gambut kemarin. 

Kasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banjar Gusti Yudhi mengatakan, Petugas Damkar Sektor Gambut segera menuju lokasi membawa unit Fire Truk 106.

"Kebakaran di Jalan Gubernur Soebarjdo Lingkar Selatan RT. 01, Petugas Damkar Sektor Gambut yang menerima informasi dari Radio Freq 166.225 mhz segera meluncurkan unit 106 menuju lokasi," tutur Yudhi

Sesampainya di lokasi, Petugas Damkar Sektor Gambut melakukan Pemadaman dan Pembasahan, di lokasi sudah ada BPK dan relawan setempat sudah datang duluan.

Syukur gudang belum sempat terbakar, Lahan yang habis terbakar sekitar 20m². (ip/win)

Lebih baru Lebih lama