Trending

Mobil dan Puluhan Motor Terjaring Penertiban Parkir Liar Dekat Duta Mall Banjarmasin

 

16082023 - BANUATODAY.COM - Penertiban parkir liar di Simpang Ulin samping Duta Mall Banjarmasin.png
LIAR - Penertiban parkir liar di Simpang Ulin samping Duta Mall Banjarmasin.png

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Banyaknya kendaraan yang parkir dan berhenti bukan pada tempatnya sering kali mengakibatkan kemacetan dan terganggu arus lalu lintas di Jalan Simpang Ulun (Samping Duta Mall).

Walaupun rambu lalulintas sudah di pasang di sekitar jalan tersebut dan adanya himbauan dan peneguran rutin yang di lakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin masih saja banyak tidak menghiraukan.

Maka dari itu Dishub Kota Banjarmasin bersama Satlantas Polresta Banjarmasin melakukan giat penertiban kepada pengguna kendaraan yang memarkirkan kendaraannya di tempat yang bukan seharusnya, Selasa (15/8/23) Sore.

Dishub Banjarmasin dengan personil dari bidang Lalulintas, Bidang Pengawasan dan Pengendalian dan UPTD Parkir bersama dari satlantas Polresta Banjarmasin menindak puluhan kendaraan roda 2 dan beberapa roda 4 yang terjaring saat giat.

Seperti yang di ketahui mengenai aturan parkir dan berhenti sendiri sudah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dalam UU tersebut dijelaskan berbagai aturan mengenai lalu lintas termasuk rambu dilarang parkir dan berhenti.

Dalam pasal 1 ayat 15, tertulis bahwa parkir adalah keadaan kendaraan berhenti atau tidak bergerak untuk beberapa saat dan ditinggalkan pengemudinya.

Dalam pasal 1 ayat 16, berhenti adalah kondisi kendaraan tidak bergerak hanya dalam sementara waktu saja, serta pengendaranya masih berada di tempat kemudi.

Jadi, perbedaan utama dari arti kedua rambu ini adalah pada posisi pengemudi, yaitu sudah meninggalkan kendaraan atau tidak.

Sederhananya, berhenti artinya kendaraan belum ditinggal pengemudi, sedangkan parkir sebaliknya.

Selalu patuhi Rambu yang ada, parkir dan berhentilah pada tempat seharusnya. (nt/niz)

Lebih baru Lebih lama