Trending

PAM Bandarmasih Silaturahmi ke Kelurahan Pemurus Dalam, Paparkan Instrusi Air Laut yang Lewati Ambang Batas

SOSIALISASI - PAM Bandarmasih bersilaturahmi ke Kelurahan Pemurus Dalam.


BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - PT Air Minum (PAM) Bandarmasih bersama dengan Forum Pelanggan Air Minum (Forpam) kembali mengadakan silaturahmi dan sosialisasi kepada warga di Kelurahan Pemurus Dalam guna meningkatkan pelayanan terhadap para pelanggan, Selasa (29/08/2023).

Penyampaian kritik dan saran dari warga Pemurus Dalam kali ini, beragam sekali diantaranya pendistribusian air bersih agar diperlancar, air yang kualitasnya mengalami keruh.   

Sunardi, selaku Ketua Forum Pelanggan Air Minum (Forpam) mengaku senang dan berterimakasih kepada Kelurahan Pemurus Dalam dan para warga yang telah berhadir pada kegiatan hari ini.

"Alhamdulillah sosialisasi berjalan dengan lancar, banyaj pertanyaan yang diberikan dan beragam mulai dari tekanan, kualitas air, dan tarif. Kalau yang sifatnya teknis akan segera ditindaklanjuti pihak terkait, sedangkan hal yang menyangkut kebijakan akan masuk kedalam notulen dan akan disampaikan kepada pimpinan PAM Bandarmasih," ujarnya.

Di lain sisi, Roesmamilu Hajadi selaku Manajer Produksi Instalasi Pengolahan Air 1 PAM Bandarmasih mengatakan akan mengevaluasi dan akan memberi ruang untuk flushing jaringan.

"Air kurang lancar itu tidak berdampak dari kemarau untuk wilayah sini, namun karena pembagian tekanan dan mungkin ada sebagian pelanggan yang menggunakan mesin, sehingga hal tersebut mempengaruhi pada pelanggan yang diujung," ungkapnya.

Roesmamilu menghimbau kepada para warga agar mengambil dan memenuhi kebutuhan air itu seefisien mungkin.

"Karena ini adalah bulan musim kemarau, kita mengajak kepada masyarakat untuk mengambil air seefisien mungkin. Karena wilayah dari Banjar Barat, Banjar Tengah, dan Banjar Utara sebagian itu pengolahan IPA 1 air laut masuk ke intake air baku," katanya.

Saat ini ada batasan yang harus kami berlakukan, karena kadar garamnya sudah melewati ambang batas 250 ppm.

“Sedangkan saat ini hampir sudah sekitar 1.300 ppm, itu terjadi di hari Jumat. Dan hari ini (Selasa) pukul 07.00 Wita pagi tadi, dengan level air di Sungai Bilu top tertinggi 320 kadar garam. Jadi, pukul 09.00 Wita tadi kita sudah tidak mencampur lagi proses pengolahan air bersihnya di IPA 1,” bebernya.

Dari pertemuan kali ini, pihaknya juga berterimakasih kepada para warga Banjarmasin Timur dan Selatan, atas masukan dan saran yang membangun, sehingga pendistribusian air bersih ke kawasan tersebut bisa berjalan normal.

"Mengenai masalah perbaikan pemasangan perpipaan yang mana ada bagian tumpukan yang sudah dipadatkan, namun masih ada gelombang, kami dari PAM Bandarmasih melalui pihak ketiga akan mengembalikan kembali, Kalau yang semula beraspal akan kami kembalikan beraspal dan yang paving akan kami kembalikan berpaving," pungkasnya mengenai keluhan warga. (naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama