Trending

Pemprov Gandeng Bank Kalsel dan REI Sediakan Hunian Layak ASN-Non ASN, Gelar Akad Massal 150 Unit Rumah

25082023 - BANUATODAY.COM - Akad massal 150 unit rumah untuk ASN dan non-ASN disaksikan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor. Pemprov Kalsel.jpg
GUBERNUR - Akad massal 150 unit rumah untuk ASN dan non-ASN disaksikan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor. (Pemprov Kalsel)

BANUATODAY.COM, MARTAPURA - Guna memberikan kesempatan bagi ASN dan Non ASN mendapatkan rumah layak huni, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Bank Kalsel dan DPD REI Kalsel menggelar akad massal untuk 150 unit rumah di kawasan Perumahan Fitria Jaya Residence di Sungai Ulin Kabupaten Banjar.

Akad massal perumahan subsidi bagi ASN dan Non ASN ini juga dilakukan serentak di 13 kabupaten/Kota se Kalsel.

Dalam kegiatan akad massal, langsung dihadiri Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Direktur Pembiayaan Perumahan BP Tapera Hari Sandjojo, Komisaris Utama Bank Kalsel Hatmansyah, Direktur Utama Bank Kalsel Fachrudin dan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Kalsel, Mursyidah Aminy.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor menyatakan sangat senang dengan adanya kerja sama ini, karena ini sangat memudahkan masyarakat baik ASN maupun Non ASN mendapatkan rumah layak huni.

“Tidak ada pemimpin yang senang melihat rakyatnya tidak punya rumah, karena itu program ini sangat saya dukung untuk masyarakat bisa mendapatkan rumah yang layak,” kata Sahbirin Noor, Jumat (25/8/2023).

Sementara itu, Kadisperkim Kalsel, Mursyidah Aminy mengatakan, akad massal ini merupakan rangkaian peringatan Hari Perumahan Nasional yang diperingati setiap 25 Agustus.

“Adapun perkembangan penyaluran KPR subsidi program FLPP dan Tapera sejak Januari sampai Agustus sebanyak 960 nasabah yang 175 di antaranya ASN,” kata Mursyidah Aminy.

Menurutnya, melalui REI Kalsel sebesar 63 persen dari total akad nasabah KPR Subsidi. 

Telah direalisasikan pula akad KPR Subsidi sebanyak 216 unit yang 20 di antaranya nasabah Tapera.   

Selain itu, sebagai bahan perbandingan, sebelum dilakukan kerja sama Pemprov Kalsel, BP Tapera dan Bank Kalsel, nasabah KPR subsidi Bank Kalsel pada 31 Agustus 2022 terjadi peningkatan menjadi 5.673 nasabah atau 45 persen.

Ketua DPD REI Kalsel Ahyat Sarbini menjelaskan, tahap awal ada 150 akad yang dilaksanakan hari ini.

“Hal ini akan terus berlanjut, REI terus mendukung program satu juta rumah termasuk di Kalsel,” tandasnya.

Direktur Utama Bank Kalsel Fachrudin mengaku, kerja sama ini sangat mendukung peningkatan KPR bersubsidi Bank Kalsel.

“Dengan adanya kerja sama treeparted ini, kami mengalami kenaikan untuk KPR hingga 45 persen dari tahun lalu dan kami akan selalu siap untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan kredit untuk rumah bersubsdi,” ujarnya. (adp/niz)

Lebih baru Lebih lama