Trending

Permudah Proses Ujian SIM, Polres Balangan Terapkan Metode Baru

LINTASAN: Warga ikut ujian praktek SIM di lapangan - Foto Dok 


BANUATODAY.COM, BALANGAN - Permudah ujian praktik dalam memperoleh Surat Ijin Mengemudi (SIM) khususnya golongan C, Korlantas Polri resmi menghapus materi ujian praktik yang semula track berbentuk angka 8 dan zigzag kini diganti menggunakan metode baru.

Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin melalui Kasat Lantas AKP Tatak Kusdariyono, SM menyampaikan bahwa skema uji SIM C yang sebelumnya berbentuk angka 8, kini diganti menjadi membentuk huruf S. Tak hanya itu, dirinya juga menyebut track uji SIM C kini juga lebih lebar dari yang sebelumnya.


“Yang sebelumnya berbentuk angka 8, sekarang huruf S dan ukuran lebar lintasan diperlebar dari 1,5 lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan," terang Iptu Tatak Kusdariyono, SM saat dikonfirmasi Senin (7/8/2023).


Ia menambahkan bahwa ujian praktik SIM C baru untuk pengendara sepeda motor sudah berlaku efektif dan perlu diketahui materi ujian praktik SIM C baru ini diterapkan setelah dilakukan kajian-kajian yang berdasarkan hasil akomodasi dari empat materi uji SIM. 

"Jadi materi praktik ujian SIM C yang baru ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam pembuatan SIM C baru, tanpa mengurangi keselamatan dan keahlian berkendara sepeda motor, tetapi malah mempersingkat proses ujian menjadi satu track," tutupnya.(vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama