Trending

Peduli Polusi Jakarta, Menteri BUMN Erick Thohir Motori Aksi Tanam 100.000 Pohon

27092023 - BANUATODAY.COM - Menteri BUMN Erick Thohi melakukan penanaman pohon di Jakarta. BUNN.webp
POLUSI - Upaya Tekan Polusi di Jakarta, Menteri BUMN Erick Thohir Gelar Aksi Tanam 100 Ribu Pohon (Dok.Kementerian BUMN)


BANUATODAY.COM, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir memimpin gerakan sosial 'Gotong Royong Boyong Pohon’ dimulai dari lingkungan BUMN.

Adapun tujuan dari gerakan ini adalah menanam pohon sebanyak-banyaknya untuk mengurangi polusi udara di Jakarta dan sekitarnya di masa depan

Erick Thohir mengatakan bahwa penanaman pohon dimulai dari lingkungan kantor BUMN.

Seluruh karyawan BUMN pun diminta untuk menanam 70 ribu pohon secara serentak.

Selain itu, masyarakat juga diundang untuk berpartisipasi dalam Program Gotong Royong Boyong Pohon ini, dengan target menanam 30 ribu pohon.

"Ini adalah tindakan nyata dari kita semua, yang harus dimulai oleh insan BUMN, untuk mengatasi masalah polusi di Jakarta," kata Erick Thohir.

"Semua, yang harus dimulai oleh insan BUMN, untuk mengatasi masalah polusi di Jakarta. Saya yakin bahwa program ini akan efektif dalam upaya mengurangi polusi udara, berdasarkan prinsip kolaboratif," imbuhnya.

Erick Thohir pun memulai program ini dengan melakukan aksi simbolis menanam pohon di halaman Kantor Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, pada Rabu (27/09/2023).

Apa yang dilakukan Menteri BUMN ini sendiri sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo baru-baru ini yang menekankan perlunya upaya nyata untuk mengurangi polusi udara di Jakarta.

Joko Widodo sebelumnya memerintahkan perusahaan-perusahaan untuk menanam pohon sebanyak mungkin di lingkungan perkantoran.

Hal ini sebagai langkah preventif untuk mengurangi dampak negatif pencemaran udara.

Untuk itu, Erick memerintahkan seluruh BUMN yang memiliki lahan untuk memulai penanaman pohon secara serentak, dimulai sejak 27 September 2023 hingga 1 Oktober 2023.

Target penanaman pohon adalah sebanyak 100 ribu pohon di Kawasan Jabodetabek.

Erick juga memberikan bibit tanaman kepada Direksi BUMN sebagai simbol dimulainya penanaman pohon secara massal.

Bibit-bibit ini tidak hanya untuk karyawan BUMN, tetapi juga dapat ditanam oleh masyarakat umum selama persediaannya masih tersedia.

Adapun jenis-jenis pohon yang ditanam beragam, termasuk pohon Spathodea, Trembesi, Tabebuya, serta pohon-pohon buah seperti Sawo Manila, Kelengkeng, Mangga, Jambu Kristal, Durian, dan Jambu Jamaika.

Bibit-bibit ini langsung didatangkan dari lahan persemaian Hutan Organik Megamendung, Bogor, Jawa Barat. (pr/niz)


Lebih baru Lebih lama