Trending

Gubernur Kalsel Beri Tali Asih untuk Zuriat Pangeran Antasari

TABUR - Gubernur Kalsel H Sahirin Noor (kanan) didampingi Ketua DPRD Kalsel H Supian HK tabur bunga di makam Pangeran Antasari, Rabu (11/10/2023). (pemprov kalsel)

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Tali asih diberikan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor untuk ahli waris keturunan atau zuriat Pangeran Antasari.

Santunan itu diberikan bersamaan peringatan wafat ke-161 Pahlawan Nasional Pangeran Antasari ke-161 Tahun 2023, Rabu (11/10/2023).

Gubernur Sahbirin Noor sekaligus memimpin upacara yang dilaksanakan di makam Pangeran Antasari di Sungai Jingah, Banjarmasin.

Gubernur mengatakan, peringatan wafatnya Pangeran Antasari merupakan upaya untuk menyegarkan kembali ingatan terhadap sifat-sifat patriotisme, gotong-royong, dan nasionalisme.

“Wawasan tersebut senantiasa dipupuk dalam upaya melestarikan semangat kepahlawanan guna menghidupkan dan mengembangkan kesadaran nasional, khususnya bagi generasi penerus,” kata Sahbirin.

Selain itu, peringatan wafatnya Pangeran Antasari juga bagian dari menanamkan kesadaran masyarakat terhadap nilai-nilai sejarah bangsa, serta meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat.

“Tetap terpeliharanya semangat perjuangan bangsa dalam mengisi kemerdekaan terutama dikalangan generasi muda sebagai pejuang cita-cita bangsa yang sangat penting bagi pembangunan,” ucap Sahbirin.

Sahbirin pun mengingatkan agar jangan pernah melupakan sejarah yang ada, karena para orangtua yang lebih dulu ada merupakan suatu pembelajaran besar bagi generasi sekarang yang menjalani kehidupan dan diharapkan dapat bercermin menjadikan para pahlawan sebagai contoh dalam berkehidupan.

“Semoga dengan semangat beliau yaitu “Haram Manyarah Waja Sampai Kaputing” dapat memberikan semangat bagi kita orang banua dan juga bangsa ini untuk terus berjuang menuju kesejahteraan rakyat,” tambahnya. (adp/niz)


Lebih baru Lebih lama