Trending

ICCF 2023 Banjarmasin Bawa Dampak Positif Untuk Kemajuan Kota Banjarmasin

BUKA - Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina bersama peserta ICCF 2023.


BANUATODAY.COM ,BANJARMASIN Indonesia Creative Cities Festival 2023 di Banjarmasin resmi dibuka oleh  Ketua Umum Indonesia Creative Cities Network (ICCN) TN Fiki C Satari dan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina,  di Hotel Galaxy Banjarmasin,Kamis (19/10).

Seperti diketahui, Banjarmasin dipilih  menjadi tuan rumah gelaran ICCF keenam ini. Mengangkat tema ICCF Cangkurah Kayuh Baimbai.

ICCF kal  ini menghadirkan sejumlah jaringan pelaku ekonomi kreatif dari 260 kota se Indonesia. Mereka bergabung dalam agenda Indonesia Creative Tour, Creative Expo, Creative Workshop.  

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina menjelaskan,
ICCF merupakan wadah bagi para jejaring komunitas ekraf se Indonesia untuk saling berkolaborasi dan berbagi.

"Banjarmasin merasa terhormat atas gelaran ini dan ingin berkolaborasi dengan para pelaku ekraf," tutur Ibnu.

Ia berharap, gelaran ini berdampak positif bagi perkembangan kota. Lewat pelaksanaan program dan inovasi yang muncul saat konferensi. Harapannya, ekonomi kreatif menjadi prioritas pembangunan ke depannya.

"ICCF adalah bukti nyata bahwa kota bukan sekadar tempat tinggal, tetapi laboratoriumnya inovasi kreatif," ungkapnya.

Sementara itu, Fiki menambahkan, ICCF merupakan salah satu gagasan penting ICCN. Konferensi ini bertujuan untuk menyatukan inovasi-inovasi kreatif para jejaring. Misinya adalah membangun kota yang kreatif dengan ciri khas daerahnya masing-masing.

"Konferensi ini memoderasi apa yang ingin diperjuangkan jaringan ICCN, harapannya lebih didengar dalam rencana pembangunan Indonesia ke depannya," ucap Fiki.

Ia meyakini ICCF 2023 di Banjarmasin kali ini akan memberi sumbangsih besar dalam menemukan solusi pembangunan berorientasi pada kreativitas. Sebab, di setiap kota memiliki tipikal permasalahan yang berbeda-beda.

 "Semoga agenda ini menjadi pertemuan yang solutif. Banjar bukan sekadar seribu sungai, tapi seribu inspirasi," tuntasnya. (naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama