Trending

Kabar Duka, Ulama Martapura KH Hatim Salman Meninggal Dunia



BANUATODAY.COM, MARTAPURA - Umat Islam Kalimantan Selatan kembali  kehilangan ulama terkemuka, KH Hatim Salman, wafat di Martapura pada usia sekitar 65 tahun, Minggu (22/10/2023).

KH Hatim Salman yang dikenal Guru Hatim merupakan ulama yang berkontribusi besar dalam masyarakat Banjar, dan Kalimantan Selatan.

Guru Hatim pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Banjar selama periode 2005-2010, mendampingi Bupati Khairul Saleh.

Sebelum terjun ke politik pemerintahan, Guru Khatim pernah menjabat Ketua Pengadilan Agama Martapura dan kemudian aktif sebagai hakim agama di Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin.

Setelah pensiun sekitar setahun yang lalu, beliau tetap berperan sebagai tenaga pengajar di Ma'had 'Aly Darussalam, menunjukkan kesetiaan dan dedikasinya terhadap pendidikan agama.

Guru Hatim merupakan putra dari KH Salman Jalil, seorang alim ulama yang juga sahabat karib Guru Sekumpul, dan kakak tertua dari KH Wildan Salman, ketua Ponpes Tahfidz Darussalam, serta KH Sa'aduddin Imam Mushalla Ar Raudhah Sekumpul.

Jenazah almarhum telah dibawa menggunakan ambulan dari RSUD Ratu Zalecha ke kediamannya di Gg Madrasah IV Sekumpul Martapura. Keluarga dan masyarakat berduka atas kepergian ulama terkemuka ini. (Pr/Niz)

Lebih baru Lebih lama