Trending

Kapolri dan Kepala BNPT Kunjungi Command Center KTT AIS Forum 2023


Pengamanan KTT AIS Forum 2023 Bali


BANUATODAY.COM, DENPASAR - Untuk memantau situasi mulai kedatangan para delegasi KTT AIS Forum 2023 dari Bandara Ngurah Rai hingga pengawalan sampai ke hotel mendapat perhatian Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Terkait pengamanan itu, Kapolri bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel meninjau posko 91 Command Center, Nusa Dua, Bali, Rabu (11/10/2023).

“Semua akan termonitor, dan personel Polri yang tergelar di lapangan terawasi. Semuanya tersambung dan bisa melaporkan kegiatan mereka pada saat di lapangan melalui Command Center,” terang Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan.

Dikatakannya, Command Center juga bisa memberikan perintah, petunjuk dan arahan terkait dengan langkah-langkah dan kegiatan yang harus dilaksanakan sehingga permasalahan yang dihadapi bisa segera mendapat penanganan yang tepat. 

"Peralatan yang ada di Command Center sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih. Salah satunya adalah bisa mendeteksi identitas masyarakat yang datang, baik itu tamu asing atau pun masyarakat lokal melalui identifikasi wajah," jelasnya.

Ditambahkan dia, di Command Center juga bisa mengetahui bagaimana kondisi cuaca, kecepatan angin, terjadinya bencana alam seperti gempa, tsunami dan lain-lain.

Ribuan CCTV yang terpasang di sejumlah titik di wilayah Bali sudah terhubung dengan Command Center, sehingga memudahkan pemantauan apabila ada pergerakan rombongan VVIP maupun para delegasi.

“Pengamanan akan terus ditingkatkan, pengecekan dan evaluasi agar seluruh rangkaian kegiatan KTT AIS dapat berjalan dengan aman sesuai dengan rencana Ops Tribrata Agung,” tegas Kombes Jansen.  (pol/niz)

Lebih baru Lebih lama