Trending

Para Admin Pengelola Data Tingkatkan Wawasan Manajemen Data Statistik

BIMTEK - Kegiatan Bimtek untuk para admin pengelola data.

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Pemerintah Kota Banjarmasin, melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) menggelar Bimbingan Teknis Manajemen Data, bertempat di Aula Bappeda Litbang Kota Banjarmasin pada Selasa, (17/10).

Kegiatan itu dibuka langsung oleh, Kepala Diskominfotik Kota Banjarmasin, Windiasti Kartika, ST, MT, dan turut hadir, Kepala Bidang Statistik dan Persandian, Satria Yudha Lesmana, S.Kom, M.Eng, serta para admin pengolah data statistik di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.

Tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitas SDM statistik di setiap SKPD Pemerintah Kota Banjarmasin. Peserta diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam mengolah data secara efektif dan efisien, mengingat data merupakan aset yang sangat penting bagi setiap SKPD.

Pada kesempatan itu, Windiasti Kartika menyampaikan pentingnya data sektoral sebagai dasar dalam pengambilan keputusan dan penyelenggaraan pembangunan di Kota Banjarmasin. Ia menekankan pentingnya pemahaman bagaimana data tidak hanya sebagai data pemerintah, Namun dapat diolah menjadi dasar untuk pengambilan keputusan dan kebijakan pembangunan.

"Pada hari ini bubuhan pian, akan diberikan wawasan dari para narasumber terkait bagaimana kita mengolah data, bagaimana agar data tersebut tidak hanya menjadi data pemerintah, tapi bisa menjadi data yang diolah menjadi dasar untuk mengambil keputusan, kebijakan dan pembangunan, serta pencapaian visi misi kepala daerah khususnya di Kota Banjarmasin," ucap Windi.

"Sekali lagi mohon dukungan teman-teman sekalian untuk kegiatan ini kita sungguh-sungguh mengelola data ini sebagai dasar pembangunan kota Banjarmasin," tambahnya.

Sementara itu, Satria menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu hari pada tanggal 17 Oktober 2023, dengan peserta sebanyak 43 orang dari seluruh SKPD di lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin. Narasumber yang terlibat berasal dari BPS Kota Banjarmasin dan Koordinator Program Studi Statistik FMIPA ULM.

"Dengan demikian, kegiatan bimbingan teknis manajemen data ini diharapkan memberikan manfaat yang signifikan bagi pengelola data di lingkungan pemerintah Kota Banjarmasin, serta mendukung visi dan misi kepala daerah dalam memajukan kota ke depan," tutup Satria. (naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama