Trending

Songsong Pemilu 2024, Polres Balangan Siap Gelar Operasi Mantap Brata Intan

PERSIAPAN: Kapolres Balangan siapkan personelnya - Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN – Polres Balangan bersama TNI, instansi terkait, dan mitra Kamtibmas lainnya telah memulai persiapan serius menyambut Pemilu Tahun 2024 dengan menggelar Operasi Kepolisian Terpusat yang diberi nama "MANTAP BRATA INTAN 2023-2024.

Operasi ini akan berlangsung selama 222 hari, mulai dari 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024, melibatkan 261.695 personel di seluruh Indonesia. 

Tujuannya adalah untuk mengamankan setiap tahapan Pemilu, menjaga stabilitas keamanan sebelum dan sesudah Pemilu, serta menekankan kegiatan preemtif dan preventif serta penegakan hukum.


“Pentingnya komunikasi publik dan upaya pendinginan situasi (cooling system) sebagai kunci utama keberhasilan operasi ini. Kita juga ajak masyarakat terlibat secara aktif dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024 dan menghindari polarisasi,”ucap Kapolres Balangan, AKBP Riza Muttaqin, saat memimpin apel gelar pasukan, Selasa, (17/10/2023).


Kapolres Balangan juga mengatakan, langkah yang akan diambil dalam menghadapi potensi gangguan selama penyelenggaraan pemilu meliputi deteksi dini dengan mengumpulkan informasi, bimbingan penyuluhan kepada masyarakat, pengamanan calon, penindakan terhadap tindakan yang mengganggu, penegakan hukum jika terjadi pelanggaran, pemantauan, sosialisasi, edukasi, dan penanggulangan berita negatif.

Menurutnya Pemilu 2024 memiliki tingkat kompleksitas yang tinggi, melibatkan wilayah yang luas dan beragam, serta jumlah pemilih yang besar. Oleh karena itu, operasi "MANTAP BRATA INTAN 2023-2024" juga akan memperkuat strategi komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

"Semoga masyarakat selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, berpartisipasi dalam menjaga stabilitas keamanan pada Pemilu 2024, serta memahami upaya pengamanan yang dilakukan oleh aparat kepolisian. Dengan langkah-langkah ini, Polres Balangan bersama rekan-rekannya di seluruh Indonesia siap menjalankan tugasnya dalam menjaga kelancaran Pemilu 2024,”pungkasnya. (vro/fsl)


Lebih baru Lebih lama